Hindari Bahaya Nitrogen Cair pada Makanan, Salah Satunya Mengakibatkan Keracunan

Nitrogen Asap
Sumber :
  • Istimewa

JatimIce Smoke atau ciki ngebul yang banyak diperjual belikan utamanya kalangan anak-anak ternyata mengandung zat berbahaya, yaitu penambahan nitrogen cair yang sangat berbahaya apabila dikonsumsi, apalagi untuk efek jangka panjang. Tentu hal ini dapat mengakibatkan pada gangguan kesehatan yang fatal 

Bangun Poros Baru, PKB Siapkan Sosok Tandingan Khofifah-Emil

Diantara bahaya yang bisa dialami oleh orang yang memakan makanan dengan zat nitrogen cair di dalamnya adalah keracunan apabila mengkonsumsi nitrogen secara berlebihan. 

Selain itu, menurut Kadinkes Jatim, Erwin Astha Triyono, resiko konsumsi nitrogen cair pada makanan antara lain  yakni radang dingin, luka bakar atau cold burn pada jaringan kulit.

Pj Gubernur Jatim di HUT ke-24 APKASI: Forum Kuat Berikan Masukan ke Pemerintah

Ia menambahkan, nitrogen cair pada makanan dapat juga mengakibatkan tenggorokan terasa seperti terbakar, bahkan dapat terjadi kerusakan internal organ. Hal ini disebabkan oleh suhu yang teramat dingin dan langsung bersentuhan dengan organ tubuh dalam waktu yang panjang.

Maka dari itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta semua pihak meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya konsumsi jajanan ice smoke atau ciki ngebul yang banyak diperjual belikan utamanya dikalangan anak-anak.

Ketua Golkar Jatim Sentil Khofifah Ihwal Angka Kemiskinan yang Tinggi

Himbauan itu dikeluarkan seiring terbitnya Surat Edaran (SE) Nomor KL.02.02/C/90/2023 tentang Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair Pada Produk Pangan Siap Saji. SE tersebut ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu pada 6 Januari 2023 lalu.

Lebih lanjut, menghirup uap asap nitrogen dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan kesulitan bernafas yang cukup parah.

Halaman Selanjutnya
img_title