5 Tips Berpuasa bagi Penderita Maag Menurut Dokter Spesialis

dr Syifa Mustika SpPD KGEH, Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Ada beberapa tips bagi penderita maupun yang memiliki riwayat magh, gangguan lambung dan lain sebagainya dalam menjalani puasa. Hal tersebut diulas oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit Lavalette dan Rumah Sakit Umum Saiful Anwar (RSSA) Malang, dr Syifa Mustika SpPD KGEH.

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Pertama, dr Syifa membagikan tips untuk memastikan kondisi tubuh dengan berkonsultasi dengan dokter. Artinya apakah disarankan atau tidak untuk berpuasa, sebab terkadang dengan kondisi tertentu yang memiliki penyakit tidak disarankan berpuasa.

"Bagi yang memiliki gangguan lambung parah, mungkin bisa menunda puasa atas saran konsultasi dokter," ujar dr Syifa Mustika kepada Viva Jatim, Senin 13 Maret 2023.

Santapan Lebaran Bikin Naik Kolesterol? 6 Buah ini Bisa Bantu Netralkan Tubuhmu

Kedua, ia ini mengungkapkan ketika memiliki sakit magh dan terdapat obat-obat yang rutin dikonsumsi harus dikonsumsi dahulu sewaktu sahur. Termasuk juga, ketika sudah berbuka puasa bisa diminum sesuai resep dokter.

Tips ketiga, memilih makanan yang aman di lambung dengan menghindari makanan kecut, pedas, dan bersantan, baik pada saat sahur dan berbuka puasa. Menghindari makanan berminyak seperti gorengan, dan lain sebagainya.

Umat Islam akan Jalani 2 Kali Ramadan dalam Setahun, Kapan Itu?

Menurut dokter muda yang menempuh pendidikan doktor Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (2020) ini, tips keempat adalah memperbanyak minum air putih. Supaya tubuh tidak dehidrasi selama menjalankan puasa selama 12 jam lebih.

"Makan makanan mengandung protein, sayur dan jangan lupa buah. Serta kita harus mengakhirkan sahur supaya tubuh kita punya cukup cadangan energi dalam berpuasa," ulasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title