Cara Membuat Opor Ayam, Sajian Lebaran Penggugah Selera

Opor Ayam
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Momen Hari Raya Idul Fitri memang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Ya, di hari yang suci itu, segala kebaikan tercurahkan. Segala ego dan kebencian seketika dipadamkan dengan bermaaf-maafan. Pun juga ibadah puasa yang dijalankan selama satu bulan akan segera berakhir dengan meraih kemenangan. 

6 Sayuran Pembasmi Kolesterol, Cocok Dikonsumsi Usai Lebaran

Merayakan lebaran akan jauh lebih sempurna bila dilengkapi dengan aneka hidangan maupun sajian makanan. Biasanya, sanak famili maupun kolega akan datang untuk silaturrahim. Di situlah sebagai tuan rumah, harus menghormati tamu yang datang dengan menjamu aneka masakan yang menggugah selera.

Menu andalan masyarakat Indonesia saat lebaran biasanya opor ayam. Ya, jenis makanan yang satu ini menjadi pilihan lantaran rasanya yang nikmat dan tak tertandingi. Sangat cocok dinikmati bersama-sama. Kehadirannya di meja makan tentu akan menambah keistimewaan lebaran.

Konsumsi 6 Sayuran Ini Agar Bisa Kelola Kolesterol yang Tinggi

Berikut ini tips atau resep membuat opor ayam, agar bunda di rumah bisa memperlajari lalu menyiapkan beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan-bahan: 1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian. 500 ml santan cair. 2 lembar daun salam. 2 batang serai, memarkan. 250 ml santan kental. 2 sdt garam.

Arus Balik Lebaran 2024, Berikut Tips Sederhana Hemat BBM

Kemudian haluskan bumbu-bumbu yang terdiri dari 2 cm kunyit, 10 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 1 sdt merica, 1 sdm ketumbar (disangrai), 2 cm jahe, 3 butir kemiri (sangria), ½ sdt jinten (sangria). Untuk pelengkap, sediakan bawang goreng secukupnya.

Cara membuatnya pun tidak begitu sulit. Langkah pertama tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan daun salam dan serai, masak sampai bumbu matang. Masukan ayam, masak sampai ayam berubah warna. Tambahkan santan cair, aduk sambil ditimba-timba agar santan tidak pecah. Masak sampai ayam empuk dan santan mendidih. Tuang santan kental, masak kembali sampai santan mendidih. Tambahkan garam, aduk rata lalu diangkat. Sajikan dengan taburan bawang goreng.