Setor dan Tarik Tunai Sebentar Lagi Bisa Melalui QRIS

Ilustrasi QRIS
Sumber :
  • Viva

Jakarta, Viva Jatim – Ada kabar baru dari Bank Indonesia (BI). Pihaknya akan merilis fitur baru Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada Agustus mendatang. Lewat fitur baru itu, nantinya bisa mengakomodir transaksi yang dilakukan seperti transfer, tarik tunai, dan setor tunai.

Kendalikan Inflasi Pangan di Jatim, Pj Gubernur Adhy Gagas Skema Program Korporasi Petani

Fitur baru itu akan bernama QRIS Tuntas. Menurut Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta, fitur QRIS ini sudah dipersiapkan sejak tahun 2021 dan pada tahun 2022 sudah dilakukan soft launching oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo di Bali. 

“QRIS tarik tunai, transfer dan setor namanya kita ganti QRIS tuntas, jadi kita sudah lakukan sejak tahun 2021, kemudian 2022 Pak Gubernur lakukan soft launching di Bali. Nanti, mudah-mudahan grand launching bisa kita lakukan di bulan Agustus sebagai ulang tahun kemerdekaan RI,” ujar Fili dalam konferensi pers di kantornya, Kamis, 22 Juni 2023.

Fantastis! Utang Luar Negeri RI Tembus Angka Rp6.327 Triliun

Fili mengungkapkan, untuk saat ini, sudah ada 16 merchant atau peserta piloting untuk mengimplementasikan QRIS tuntas. Pada fitur ini, jelasnya, akan ada tiga manfaat meningkatkan kualitas layanan dari sistem pembayaran digital.

Pertama, optimalisasi source of fund. Artinya sumber dana bisa digunakan bermacam-macam, bukan hanya simpanan tapi juga uang elektronik. 

147 Pedagang Pasar Ngemplak Tulungagung Gunakan QRIS

“Kedua meningkatkan interkoneksi dan interoperabilitas. Kenapa demikian? karena nanti bisa dilakukan tuntasnya, ini tiga fitur bisa dilakukan bank dengan bank, bank dengan non bank, dan non bank dengan non bank, jadi ini akan semakin terintegrasi,” jelasnya.

Ketiga, meningkatkan inklusi keuangan karena tarik tunai dan setor bisa dilakukan di wilayah Terdepan, Terluar, Terpencil (3T).

Halaman Selanjutnya
img_title