Ketahui Tanda-tanda Olahraga yang Berbahaya

Ilustrasi wanita berolahraga
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim –Mengalami tubuh pegal dan nyeri setelah olahraga berat adalah hal yang umum dan dapat terjadi karena beberapa alasan. Ini adalah gejala yang sering disebut sebagai "nyeri otot tunda" atau DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness). 

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Dilansir dari VIVA, DOMS terjadi ketika otot kamu mengalami stres atau latihan yang intens, terutama jika kamu melakukan jenis olahraga baru atau latihan yang melibatkan otot yang jarang digunakan. DOMS bisa menjadi pertanda baik atau buruk, tergantung pada konteksnya:

1. Pertanda Baik:

Cara Ampuh Tetap Sehat meski Banyak Makan Manis dan Berlemak saat Lebaran

Indikasi Progres: Nyeri otot tunda bisa menjadi tanda bahwa Anda telah mengambil langkah pertama menuju perbaikan kebugaran fisik. Ketika Anda melakukan latihan yang intens atau berbeda dari biasanya, tubuh Anda harus beradaptasi. Ini bisa menghasilkan peningkatan kekuatan dan daya tahan.

2. Pertanda Buruk:

3 Jenis Olahraga Ala Rasulullah, Ini Dia Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Overtraining: Jika rasa sakitnya sangat parah atau berlarut-larut, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda mungkin telah melakukan terlalu banyak olahraga atau tekanan pada tubuh Anda. Ini dapat mengarah pada overtraining dan risiko cedera.

Reaksi terhadap DOMS juga dapat bervariasi antarindividu. Beberapa orang mungkin lebih rentan terhadapnya daripada yang lain, dan itu bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk tingkat kebugaran, genetik, dan seberapa sering mereka berolahraga.

Halaman Selanjutnya
img_title