Bertema Flora dan Fauna, Siswa SMP Pamerkan 16 Karya Motif Batik Khas Gresik

Siswa SMP pamerkan karya
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA JatimSiswa SMP Plus Jauharul Maknuun, Desa Lasem, Kecamatan Sidayu memamerkan 16 motif batik khas Gresik kepada Ketua TP PKK Gresik Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani. Belasan batik karya siswa ini merupakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Ulat Bulu Serang Sekolah di Mojokerto, Sejumlah Siswa Alami Gatal-gatal

Ketua Penggerak PKK Gresik Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani melihat satu persatu batik karya siswa SMP Plus Jauharil Maknuun. 16 karya batik yang dipamerkan dalam even kali ini mengambil tema flora, fauna dan bunga khas Gresik.

Seperti, Pohon randu alas, buah delima, ayam alas, pohon asem, bandeng, dan rusa Bawean. Hal ini untuk mengenalkan para siswa detail sumber daya alam yang ada di Gresik.

Dekranasda Bina Perajin Batik Khas Gresik, Optimis Go Internasional!

Ning Nurul sapaan akrabnya mengaku terkesan karena SMP Plus Jauharul Maknuun yang merupakan sekolah berbasis pesantren, tapi mampu mengenalkan budaya khas Gresik. Salah satunya melalui batik khas Gresik.

"Pembelajaran tidak hanya dari buku saja. Melainkan anak-anak ini diajari mengenal lingkungannya. Ini lah esensi dari kurikulum merdeka. Ini bisa menjadi contoh sekolah lain," kata Nurul, Jumat, 12 Januari 2024.

Kasus Penganiayaan Siswa di SMPN 2 Kota Mojokerto Berakhir Damai, Korban Pindah Sekolah

Menurutnya, batik dengan motif khas Gresik bisa diketahui tidak hanya pelajar asal Gresik saja, pasalnya, murid SMP Plus Jauharul Maknuun berbasis pesantren, banyak siswanya dari luar kota.

"Ini adalah peluang, bagaimana sekolah bisa memperkenalkan budaya Gresik. Menariknya tidak hanya siswa SMP yang ikut membuat karya batik. Tapi siswa SD juga," ujar Nurul.

Halaman Selanjutnya
img_title