Misteri Temuan Kapur Barus di Rumah Satu Keluarga Tewas Kalideres

Kapolsek Kalideres, AKP Syafri Wasdar
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

Jatim – Kasus tewasnya satu keluarga di dalam rumah di Kalideres, Jakarta Barat menyita banyak perhatian orang. Hingga kini pihak berwajib masih belum memastikan motif tewasnya keluarga malang tersebut. Meski sebelumnya sempat diduga karena kelaparan, namun dugaan tersebut dibantah oleh Wali Kota Jakarta Barat, yani Wahyu Purwoko.

Baru-baru ini, pihak penyidik Polsek Kalideres Jakarta Barat menemukan adanya semangkuk kapur barus di atas meja makan rumah satu keluarga yang tewas itu. Menurut Kapolsek Kalideres, AKP Syafri Wasdar bahwa kapur barus digunakan untuk menyerap bau. Hal tersebut didasarkan pada keterangan dokter forensik.

“Kapur barus kan ada ditemukan di TKP (tempat kejadian perkara), dokter mengatakan bahwa kapur barus bisa menyerap bau,” kata Syafri, Ahad 13 November 2022, seperti dikutip viva.co.id.

Meski begitu, pihaknya mengaku hingga kini masih belum bisa memastikan kegunaan kapur barus yang ditemukan di Perumahan Citra Garden, Kalideres Jakarta Barat itu. Namun seperti dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu kegunaan dari kapur barus adalah untuk menghilang bau, termasuk bau bangkai jenazah.

Sementara itu, Ketua RT 7 RW 15 Asiung mengaku bahwa dirinya sempat melihat adanya semangkuk kapur barus di atas meja rumah korban. Bahkan ia juga melihat ada sebatang lilin warna merah di tempat yang sama, yakni di meja makan.

“Di meja itu ada kapur barus. Kapur barusnya ada di dalam mangkok ditaruh di atas meja makan. Di sebelahnya juga ada lilin warna merah dan bedak muka,” kata Asiung.

Diketahui satu keluarga yang tewas itu bernama Rudyanto Gunawan (71) dan sang istri bernama Margaretha Gunawan (68). Kemudian anak dari keduanya bernama Dian (40) dan Budyanto Gunawan yang merupakan ipar dari Rudyanto.

Hingga kini polisi masih belum bisa menyimpulkan terkait penyebab tewasnya keempat orang itu. Hasil otopsi korban menyatakan bahwa tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan yang terjadi pada empat jenazah itu.

Gelandang Serang Irak Akui Jika Timnas Indonesia U-23 Adalah Tim yang Kuat