Ikhtiar Hadapi Pandemi, Presiden Jokowi Resmikan Pandemic Fund

Peresmian Pandemic Fund oleh Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Kemenkeu RI

Jatim – Ikhtiar untuk memulihkan ekonomi pasca pandemic Covid-19 terus dilakukan pemerintah. Kali ini, Presiden Joko Widodo meresmikan Pandemic Fund atau Dana Pandemi. Hal itu dilakukan sebagai langkah awal dalam menghadapi pandemi yang mungkin akan datang.

“Oleh karena itu kita harus memastikan ketahanan komunitas internasional dalam menghadapi pandemi tidak boleh lagi memakan banyak korban jiwa. Pandemi tidak boleh lagi meruntuhkan sendi-sendi perekonomian kita,” kata Jokowi dikutip dari akun Youtube Kementerian Keuangan RI, pada Ahad 13 November 2022.

Jokowi menambahkan bahwa dalam tiga tahun terakhir, dunia menghadapi disrupsi terberat karena adanya pandemi Covid-19. Sehingga munculnya Covid-19 memberikan bukti bahwa dunia benar-benar tidak siap dan tidak memiliki arsitektur kesehatan baik untuk mengelola pandemi.

Tentu menjadi momen yang tepat, peresmian Pandemic Fund ini dilakukan menjelang KTT G20. Sehingga Indonesia dalam G20 terus mendorong penguatan arsitektur kesehatan global untuk mewujudkan kesehatan global yang lebih handal terhadao krisis dalam jangka pendek.

Bahkan negara yang menjadi anggota G20 bersepakat untuk membentuk dana pandemi untuk kepentingan pencegahan, persiapan maupun respon terhadap pandemi itu sendiri. Hal tersebut merupakan wujud dari semangat seluruh negara untuk memperbaiki sistem perekonomian akibat pandemi Covid-19

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Jokowi juga mengajak semua pihak untuk mendukung beberapa inisiatif yakni pembentukan platform koordinasi penanggulangan darurat kesehatan sebagai dana ekonomi internasional untuk mendukung pemantauan patogen, pengembangan jaringan digital secara global, serta sertifikasi vaksin untuk menfasilitasi keamanan perjalanan internasional dan pembentukan pusat penelitian dan manufaktur yang lebih adil dan merata.