Jelang Ramadan, Harga Daging dan Telur Ayam di Probolinggo Meroket

Ilustrasi telur di pasar
Sumber :
  • Istimewa

Probolinggo, VIVA JatimTelur ayam broiler dan daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Kota Probolinggo naik menjelang Ramadhan. Sejumlah pedagang mengaku kenaikan terjadi sejak tiga hari lalu, diduga dipicu kenaikan harga pakan ayam.

Mendekati Lebaran, Harga Sejumlah Bahan Pokok di Surabaya Malah Naik

Sejumlah komoditas diketahui naik sejak tiga hari lalu, diantaranya yang naik adalah daging ayam dan telur. Pantauan di sejumlah pasar tradisional, telur ayam broiler yang sebelumnya Rp25.000 per kilogram (kg) naik menjadi Rp32.000 per kg.

Sedangkan daging ayam potong (broiler) yang sebelumnya Rp32.000 naik menjadi Rp 40.000 per kg. Daging ayam kampung yang sebelumnya Rp7.000 naik menjadi Rp80.000 per kg. "Daging ayam broiler dan daging ayam kampung naik sejak tiga-empat hari lalu," ujar Mistia, pedagang daging ayam, Selasa, 5 Maret 2024.

Beredar Narasi Larangan Penggunaan Pengeras Suara di Masjid, Kemenag Sebut Itu Tidak Benar

Warga Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo itu mengatakan, daging ayam broiler dan daging ayam kampung naik bertahap, Rp1.000 per hari.

Disinggung penyebab naiknya kedua jenis daging ayam itu, Mistia mengaku, karena harga kulak juga naik. "Yang saya dengar, peternak menaikkan harga ayam hidup karena pakannya seperti, jagung juga naik," katanya.

Khofifah Sebut Bandara Dhoho Kediri Siap Beroperasi Pertengahan Ramadan 2024

Meski harga daging ayam naik namun stoknya masih mencukupi. "Stoknya mencukupi tetapi karena karena harganya naik, banyak pembeli mengurangi daging yang dibeli," ujar Mistia.

Pedagang lainnya, Mamik membenarkan harga daging ayam broiler naik. "Bahkan ada pedagang yang menjual daging ayam broiler Rp42.000," katanya dikutip dari ngopibareng.id.

Halaman Selanjutnya
img_title