Wujud Amaliyah Ramadhan, Khofifah Berikan Santunan Anak Yatim

Khofifah berikan santunan anak yatim
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA Jatim – Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa kembali menggelar kegiatan pemberian santunan untuk ratusan anak yatim di kediamannya di kawasan Jemursari, Rabu 13 Maret 2024. 

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Diisi dengan istighosah dan doa bersama, kegiatan santunan anak yatim ini juga berlangsung sangat khusyuk dengan iringan shalawat dan  istighosah munajat pada Allah SWT. 

Dalam sambutannya, Khofifah yang juga Gubernur Jatim Periode 2019-2024 ini memberikan tausiyah tentang amaliyah di bulan Ramadhan. Dikatakan Khofifah bahwa sesuai hadis Rasulullah Muhammad SAW, sedekah yang paling afdhol adalah sedekah yang dilakukan di bulan Ramadhan. 

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

“Jadi ada hadis Rasulullah. Suatu ketika ada sahabat bertanya sedekah yang paling afdhol itu bagaimana ya Rasulullah. Maka jawaban Rasulullah adalah sedekah di bulan Ramadhan,” tegas Khofifah yang juga Ketua PBNU ini. 

Untuk itu, banyak masyarakat yang kemudian berlomba-lomba untuk membuka dompetnya lebar-lebar dan mengeluarkan isinya untuk  bersedekah di bulan Ramadhan. Termasuk berlomba mengeluarkan zakat yang sudah sudah mencapai nishab dan haulnya. 

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

“Berikutnya tentang anak yatim. Syekh Abdul Qodir Al Jailani sangat menyarankan dalam mengeluarkan sedekah itu pertama pada anak yatim. Kedua sedekah pada fuqoro, dan ketiga sedekah pada lansia khususnya yang homeless,” ucap Khofifah. 

Untuk itu, dengan acuan tersebut maka Khofifah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan sedekah pada anak yatim menjadi amaliyah Ramadhan yang diistiqomahkan. 

Halaman Selanjutnya
img_title