Mahasiswa Kos Kompak Lakukan Ini Demi Kurangi Sampah Plastik

Ilustrasi Sampah Plastik
Sumber :
  • viva.co.id

Depok, VIVA Jatim- Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengurasi sampah plastik. Terlebih dalam membiasakan diri sendiri untuk bersikap dan berkarakter serta bertekad mengurangi sampah plastik yang dampaknya sangat dirasakan oleh lingkungan. 

Pakar Hukum Sebut MK Tak Akan Diskualifikasi Gibran, Ini Alasannya

Salah satunya dilakukan oleh mahasiswa kos Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang mulai meninggalkan penggunaan air minum kemasan galon sekali pakai. Mereka mengaku kesulitan untuk membuang bekas galon-galon tersebut. 

Ditemui di kampusnya, seorang mahasiswa UI bernama Vito, mengaku selama ini menggunakan galon sekali pakai untuk persediaan minum di kosannya. Tapi, pria jurusan Hukum yang kos di daerah Kukusan, Depok, ini mengatakan kesulitan untuk membuang bekas galon setelah airnya habis diminum. Dia menuturkan mengonsumsi  satu galon dalam dua minggu.

Kemasan Sekali Pakai Jadi Problem Utama Pengurangan Sampah Plastik

“Iya, saya kadangkala bingung ke mana untuk membuang bekas galon sekali pakainya. Karena, galon itu juga tidak bisa masuk ke tempat sampah. Akhirnya, saya meletakkannya di samping tempat sampahnya saja. Dan kadangkala galon-galon itu mengganggu jalan kita-kita juga,” tuturnya.

Melihat kondisi yang tidak menyenangkan itu, dia berniat tidak lagi menggunakan air kemasan tersebut dan akan menggantinya dengan air galon guna ulang yang tidak menimbulkan sampah.

Sampah Plastik Jadi Limbah Terbesar, Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Terapkan 3R

“Saya juga berencana untuk mengganti galon sekali pakai itu dengan galon guna ulang yang lebih tidak nyampah,” katanya. Hal senada disampaikan Kansa, mahasiswi jurusan Bisnis Islam UI yang kos di daerah Kukusan Teknik UI (Kutek), Depok. Dia mengakui saat ini menggunakan galon guna ulang di kosannya.

“Tapi, sebelumnya saya menggunakan galon sekali pakai. Kemudian saya ganti dengan galon guna ulang karena saya bingung membuang bekas galonnya,” tukasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title