Manfaatkan Limbah Industri, PII Gresik Buat Perahu Penyelamat untuk BPBD Jawa Timur

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo didampingi Ketua PII Gresik, Awang Djohan Bachtiar kepada BPBD Provinsi Jawa Timur.
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA JatimLimbah Polyurethane (PU) Foam dan limbah kantong plastik pupuk dari Petrokimia Gresik berhasil dimanfaatkan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Cabang Kabupaten Gresik untuk memproduksi lifeboard atau perahu penyelamat yang dapat digunakan untuk evakuasi dalam bencana banjir. 

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Lifeboard sebanyak dua unit diserahkan oleh Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo didampingi Ketua PII Gresik, Awang Djohan Bachtiar kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur, Kamis, 28 Maret 2024.

Dwi Satriyo menyampaikan bahwa, inovasi ini semuanya menggunakan limbah dari Petrokimia Gresik, yaitu PU Foam yang banyak digunakan sebagai isolasi pendingin tanki dan plastik bekas kantong-kantong produk. Bagi Petrokimia Gresik, tambahnya, inovasi ini dapat mendukung komitmen pengelolaan lingkungan melalui program zero waste dan pengurangan emisi karbon.

Kampanye Simpatik, Satlantas Polres Gresik Bagikan Coklat ke Pengendara

“Inovasi ini menjadi kebutuhan, khususnya bagi Petrokimia Gresik yang sudah tiga kali berturut-turut mendapatkan PROPER EMAS atau penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam pengelolaan lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu, Awang Djohan Bachtiar menjelaskan inovasi ini merupakan kolabroasi antara PII Gresik bersama Petrokimia Gresik dan Koperasi Konsumen Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG). 

Ketua Partai Gerindra Gresik Jadi Pendaftar Pertama Calon Bupati di Partai Demokrat

“Inovasi ini dapat menjadi strategi pengelolaan lingkungan bagi sebuah industri  mengingat saat ini lingkungan menjadi isu global dan merupakan salah satu instrumen penting dalam pengelolaan lingkungan,” ucapnya.

Berdasarkan perhitungan para ahli, penggunaan satu kilogram PU Foam dapat mengurangi emisi karbon sebesar 2,7 kilogram. Sementara pemanfaatan satu kilogram plastik untuk daur ulang setara dengan pengurangan emisi karbon antara 6 sampai 10 kilogram.

Halaman Selanjutnya
img_title