TNI AL Salurkan Ribuan Paket Bantuan Bagi Korban Gempa Bumi Tuban dan Bawean

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali saat meninjau pengobatan gratis.
Sumber :
  • Imron Saputra/Viva Jatim

Tuban, VIVA JatimTentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi korban gempa di Kabupaten Tuban dan Bawean, Sabtu 30 Maret 2024.

Jaga Perairan Laut Gresik, Polsek Kawasan Patroli Gabungan Harkamtibmas

Bantuan yang dikirim TNI AL itu berupa, ribuan dus pakaian, selimut, susu, air mineral, obat-obatan dan barang lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak. 

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali mengatakan, TNI AL juga menerjunkan 10 personil untuk pendampingan trauma healing bagi korban gempa untuk menyembuhkan rasa trauma pasca terjadinya gempa bumi.

Suami Tega Habisi Istrinya dengan Cara Dicekik, Pelaku Malah Coba Bunuh Dirinya

"Ada ribuan paket bantuan yang kami salurkan kepada korban gempa bumi di Tuban dan Bawean, karena dua daerah ini menjadi daerah yang terdampak gempa bumi," kata Kasal Dr. Muhammad Ali di Tuban.

Selain itu, lanjut Muhammad Ali, TNI AL juga mendirikan posko pengobatan gratis bagi masyarakat. Untuk pengobatan gratis di Tuban diadakan di lapangan Kecamatan Widang.

Penetapan Pemenang Pilpres 2024, 4 Ribu Lebih Personel Disiagakan

Seperti diketahui, gempa bumi 6,5 yang melanda wilayah Utara Jawa Timur di sekitar Pulau Bawean dan Tuban pada Jumat 22 Maret 2024 lalu mengakibatkan Bawean dan Tuban terdampak. Ada 63 fasilitas pendidikan, 5 rumah sakit, 88 tempat ibadah, 8 gedung lainnya mengalami kerusakan.

Selain itu, sebanyak 4.679 rumah dilaporkan rusak, 774 di antaranya rusak berat, 1.332 rusak sedang dan 2.573 rusak ringan serta ribuan orang mengungsi.