Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim- Prediksi puncak arus balik mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024 akan terjadi pada malam ini. Pasalnya, pemudik yang kembali ke Jakarta pada malam ini mengalami kenaikan sebanyak 18 persen dari tahun 2023.

Puncak Arus Balik Lebaran Terjadi di Bandara Juanda Surabaya, Kepadatan Penumpang Capai Puluhan Ribu

Hal itu disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Kantor Jasa Marga KM 70 pada Senin, 15 April 2024

"Nanti malam adalah puncak dari arus balik, dan harapan kita semua siap untuk memberikan pelayanan sehingga potensi kenaikan sudah diprediksi sekitar 18 persen dari tahun 2023," kata Sigit.

Tips Merawat Mobil yang Lama Tidak Terpakai usai Ditinggal Mudik

Sigit meminta kepada para pemudik untuk menunda waktu kepulangannya. Terlebih, kata dia, pemerintah sudah memberikan kebijakan seperti work from home (WFH) untuk para pekerja yang mudik hingga adanya pengurangan harga tiket. 

Dia berharap, kebijakan-kebijakan tersebut dapat membuat para pemudik menunda waktu kepulangannya demi mengurangi kemacetan saat puncak arus balik ini.

Arus Balik Lebaran 2024, Berikut Tips Sederhana Hemat BBM

"Mudah-mudahan bila memang tidak harus malam ini, bisa memilih di hari berikutnya, di hari yang sudah diberikan. Ini untuk membantu mengurai," tuturnya. Meski begitu, Sigit mengatakan pihaknya tetap menyiapkan alternatif lain seperti membuka jalur arteri jika terjadi adanya kepadatan lalu lintas.

"Apabila jalur tol tetap penuh, maka kami mempersiapkan jalur arteri untuk menjadi alternatif di titik-titik tertentu nanti akan kita buka. Memberikan ruang apabila nanti terjadi kepadatan dan kemudian lalu lintas tidak bisa bergerak atau stuck, maka kita akan buka untuk masuk jalur arteri untuk beberapa waktu," jelas Sigit.

Halaman Selanjutnya
img_title