Dilepas Mendag, Banyuwangi Ekspor Sarden 2,7 Juta Dollar ke Australia 

Zulkifli Hasan lepas ekspor sarden Banyuwangi ke Australia
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

Jatim – Produk Banyuwangi kembali tembus pasar internasional. Kali ini, kabupaten berjuluk The Sunrise of Java itu mengekspor sarden -- ikan olahan -- ke Australia, senilai 2,7 juta dollar. 

Heboh Caleg Rela Jual Ginjal di Bondowoso, PAN Jatim Merespons

Menariknya lagi, proses pengiriman sarden tersebut dilakukan Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan di Kecamatan Muncar, Selasa 22 November 2022. 

Zulkifli melepas ekspor 3 dari 10 kontainer sarden ke Australia milik Pasific Harvest Group. Pelepasan produk sarden ini memiliki nilai sebesar 902 ribu dollar dari total nilai kontrak senilai 2,7 juta dollar di tahun ini.

Dugaan Pelanggaran Netralitas, Bawaslu Mojokerto Panggil Kades Pandanarum

Sekadar tahu, selama ini Muncar memang dikenal dengan potensi perikanan yang melimpah. Pelabuhan Muncar, identik dengan komoditas utama berupa ikan lemuru yang banyak ditangkap nelayan. Jenis ikan inilah yang diolah dan dijadikan produk sarden oleh Pasific Harvest.

“Di tengah perlambatan ekonomi dan perdagangan global, kita patut bersyukur dan bangga atas tren positif kinerja perdagangan Indonesia,” kata Zulkifli saat melakukan pelepasan di pabrik pengolahan ikan CV Pasific Harvest di Muncar. 

Ketum MUI Minta Candaan Zulhas soal Ucapan Amin saat Salat Tak Diperpanjang

Baca juga: Jadi Unggulan, 5 Jenis Durian Merah Banyuwangi Terdaftar di Kementan

Zulkifli yang didampingi Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah itu menjelaskan, pada 2021 surplus neraca perdagangan Indonesia mencapai 35,34 miliar dollar, yang merupakan rekor tertinggi sejak 15 tahun. Tren terus berlanjut pada periode Januari hingga Oktober 2022.

Halaman Selanjutnya
img_title