Jadi Unggulan, 5 Jenis Durian Merah Banyuwangi Terdaftar di Kementan

Bupati Banyuwangi secara simbolis menanam durian merah
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

Jatim – Tiga varietas durian merah Banyuwangi kembali terdaftar di Kementerian Pertanian (Kementan). Sehingga, saat ini total ada lima jenis yang resmi tercatat di Kementan RI

Sambut Musim Tanam, Petrokimia Gresik Blusukan ke Petani dan Distributor

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani mengatakan, tanda daftar varietas tanaman itu dikeluarkan oleh Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Kementan RI.

“Selamat kepada semua petani yang membudidayakan durian merah di Banyuwangi,” kata Ipuk saat menyerahkan tanda daftar varietas kepada petani lokal setempat, di sela acara Aksi Pelestarian Durian Banyuwangi (Si Tari Dubang) di Kampung Duren, Desa Songgon, Kecamatan Songgon, Minggu 13 November 2022.  

KPK Buka Suara soal Kabar Mentan SYL Sudah Lama Jadi Tersangka

Pendaftaran ini, lanjut Ipuk, sebagai upaya melindungi sekalgus melestarikan durian lokal Banyuwangi. “Selanjutnya, akan kita dorong dan kembangkan varietas durian merah lokal tersebut sebagai identitas daerah,” sambungnya. 

Ia menjelaskan, terbitnya tanda daftar varietas durian merah dari PPVTPP Kementan RI ini, akan memberikan banyak manfaat. Di antaranya adanya pengakuan kepemilikan produk varietas, kemudian meningkatkan jumlah yang bermutu serta meningkatkan kompetensi pembenihan.

Ribuan Pupuk Bersubsidi Tak Terserap di Tulungagung Bakal Dikembalikan

Baca juga: Bantu Korban Banjir, Banyuwangi Gelar Gerakan Belanja Tanggal Cantik

“Manfaat lain juga dapat meningkatkan pendapatan petani, membuka lapangan kerja dan meningkatkan penelitian dari para pemulia tanaman. Sehingga ke depan diharapkan menjadi ladang ekonomi baru bagi masyarakat Banyuwangi dalam meningkatkan kesejahteraan," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title