Bantu Korban Banjir, Banyuwangi Gelar Gerakan Belanja Tanggal Cantik

Gerakan Belanja Tanggal Cantik, Ipuk belanja peralatan dapur
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

Jatim – Pemkab Banyuwangi kembali menggelar Gerakan Belanja ke Pasar dan UMKM di tanggal ‘cantik’, Jumat 11 November 2022. 

Pj Gubernur Jatim Apresiasi Peran PKK dalam Menekan Stunting hingga 17,7 Persen

Pada aksi kali ini, ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan berbagai komunitas di Banyuwangi memborong aneka kubuthan untuk membantu korban banjir di Kecamatan Kalibaru.

Gerakan belanja merupakan aksi serentak yang rutin digelar tiap tanggal cantik di tiap bulannya sejak April 2021. Kemudian, hasilnya disumbangkan untuk warga kurang mampu.

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

Pada aksi yang digelar 11-11 atau 11 November 2022 ini, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani keliling pasar untuk belanja kebutuhan sandang dan peralatan rumah tangga, seperti kompor gas, penanak nasi, panci, wajan, hingga perlatan makan lainnya.

Baca juga: Banjir di Banyuwangi, 2 Jembatan dan 61 Rumah Rusak, Ipuk Gerak Cepat!

8 Kecamatan Terdampak Luapan Banjir Akibat Hujan Deras di Trenggalek

Ipuk mengatakan, gerakan belanja memang dikolaborasikan untuk membantu warga yang membutuhkan. Peruntukannya disesuaikan dengan kondisi, misalnya untuk membantu korban Covid-19, balita stunting, ibu hamil beresiko tinggi, dan sebagainya. 

Di tiap tanggal cantik tersebut, total transaksi yang didonasikan berkisar Rp 700 juta-Rp 900 juta. “Untuk kali ini sengaja kita fokus untuk membantu saudara-saudara kita korban banjir di Kalibaru,” katanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title