Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Peserta BPJS Kesehatan sedang antri mendapatkan pelayanan
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim – Universal Health Coverage (UHC) adalah sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap masyarakat bisa memperoleh akses yang sama terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu melalui biaya terjangkau.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Di Kabupaten Tulungagung sendiri capaian UHC masih diangka 72,14 persen. Sebuah kota/kabupaten masuk dalam kategori UHC jika sudah mencapai 95 persen dari jumlah populasi penduduk.

"Di Kabupaten Tulungagung untuk per April 2024 sebesar 72,14 persen. Untuk menjangkau masyarakat, BPJS Kesehatan itu kita melakukan BPJS Keliling," ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, Fitriyah Kusumawati beberapa waktu lalu.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Menurut Fitriyah, pihaknya melakuakan jemput bola langsung turun ke desa-desa sebagai upaya mempermudah melayani masyarakat. Sekaligus berproses mencapai target UHC 95 persen.

"Per hari kami turun di 2 titik. Total ada 10 titik di masing-masing desa dijadwal di April 2024," ujarnya.

15 Ribu Porsi Makanan Disuguhkan Pemkab Kediri di Nglencer Ning Pendopo

Dirinya mengimbau bagi masyarakat Tulungagung untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Jaminan Kesehatan Nasional. Karena benefit yang ada di BPJS Kesehatan ini adalah sangat-sangat baik.

Fitriyah mengaku seperti ibarat sedia payung sebelum hujan jangan sampai saat sakit terlebih dahulu akhirnya harus mengeluarkan pembiayaan tinggi. Oleh karena itu, ia mengajak sebelum sakit seyogianya menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Halaman Selanjutnya
img_title