Program GCC Pemprov Jatim Dorong Inovasi Pembelajaran Bagi Guru

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Peran para guru maupun tenaga pendidik dalam mencerdaskan dan menguatkan karakter bangsa sangatlah penting. Karenanya, dalam momentum Peringatan Hari Guru Nasional 2022 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendorong para guru untuk meningkatkan inovasi pembelajaran. 

‘Doping’ Halal ala Khofifah Indar Parawansa

Inovasi pembelajaran bagi guru dianggap penting dalam rangka menyikapi dinamika perubahan dan tantangan zaman. Suksesnya prestasi siswa juga bergantung dari inovasi dan kreatifitas guru dalam menghidupkan pembelajaran. Ditambah lagi hasil penelitian menyebutkan bahwa guru adalah penentu utama keberhasilan siswa setelah kurikulum dan sarana Pendidikan. 

Melalui program Guru dan Tenaga Kependidikan Creative Camp (GCC), Pemprov Jatim melalui Dinas Pendidikan (Dindik) ingin mendoring dan memacu inovasi dan kreatifitas guru. Setidaknya ada10 bidang lomba yang digelar tiap tahun. 

Baliho Khofifah-Kharisma Tanda Kader Gerindra Tak Mau Emil Dardak

Para guru dan tenaga kependidikan unjuk dan asah inovasi dibidang Penulis Buku, Video Tourism, Kewirausahaan, Film Pendek, Fashion, Pembelajaran Berbasis IT, Desain Grafis, Daur Ulang, Inovasi Kompetensi Kepala Sekolah dan bidang lomba Optimasi Peran Pengawas Sekolah.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa program GCC menjadi oase baru dalam dunia Pendidikan pasca pandemic Covid-19. Utamanya untuk memacu semangat guru dalam menelurkan ide-ide inovatif dan kreatif. 

PKS Jatim belum Tentukan Sikap untuk Pilgub, tapi Jalin Komunikasi dengan Khofifah

“Apalagi, antusiasme guru dalam mengikuti kegiatan ini mencapai 18.338. Jumlah ini meningkat signifikan (190 persen) dibanding tahun 2020 yang hanya diikuti oleh 4.983 peserta, dan tahun 2021 meningkat 27,09% atau 6.333 peserta,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, 25 November 2022. 

Mantan Menteri Sosial itu menambahkan bahwa pihaknya melalui Disdik Jatim membuat aplikasi A-GTK guna mendukung progam GCC dalam hal peningkatan kompetensi guru, pemenuhan sarana-prasarana, pemerataan dan pemetakan guru sesuai kebutuhan.

Halaman Selanjutnya
img_title