Sempat Hilang, Balita di Pasuruan Ditemukan Meninggal di Sungai

Tim SAR gabungan saat menemukan balita tenggelam di Pasuruan
Tim SAR gabungan saat menemukan balita tenggelam di Pasuruan
Sumber :
  • Tim SAR Surabaya

Jatim – Balita berumur tiga tahun yang sebelumnya sempat hilang karena tenggelam ditemukan meninggal di sungai Desa Winongan, Pasuruan. Balita tersebut bernama Arda Dafa Erlanda. Tim SAR gabungan melakukan pencarian sejak Kamis lalu, 24 November 2022. Kemudian ditemukan dalam kondisi meninggal sekitar pukul 11.30 WIB pada Sabtu, 26 November 2022. 

Balita malang itu ditemukan diantara material yang menumpuk di sungai. Lokasi penemuan jenazah korban berjarak 1,23 kilometer dari lokasi kejadian tenggelamnya korban. 

Personel tim SAR gabungan pun mengevakuasi jenazah korban secara estafet dari lokasi penemuan menuju ke Posko. Kemudian, jenazah korban dibawa ke RSUD Grati guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kasi Operasi Kantor SAR Surabaya, Haris Supardi mengatakan, tim operasi Kantor SAR Surabaya dan potensi SAR gabungan telah melakukan upaya pencarian sejak hari Kamis (24/11).

Proses pencarian korban ini dilakukan dengan metode rpenyisiran berjalan di sungai. Sebanyak dua SRU dikerahkan untuk melakukan penyisiran di sungai desa Winongan, dimulai dari lokasi kejadain hingga menempuh jarak sekitar 2 km.

“Tim SAR gabungan tidak dapat menggunakan perahu karet dalam pencarian di sungai. Hal ini dikarenakan kondisi sungai yang tidak lebar dan dangkal,” ungkap Haris.

Untuk mengoptimalkan upaya pencarian korban, beberapa orang personel tim SAR gabungan juga dikerahkan untuk melakukan pengamatan di beberapa titik yang ada di sepanjang aliran sungai.