Anggota Perguruan Silat Mojokerto Dilarang Pakai Atribut di Luar Latihan

Petugas saat memberi imbauan kepada para pesilat
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim – Jajaran Sat Samapta Polres Mojokerto menggelar patroli bersama tiga perguruan silat. Patroli digelar untuk sosialisasi larangan memakai atribut perguruan silat saat tidak latihan agar keamanan di Kota Mojokerto tetap terjaga.

Pria di Bangkalan Mendadak Tewas saat Hendak Sawer Biduan

Dalam patroli, petugas berserta perwakilan perguruan silat menyasar warung kopi, tempat fasilitas umum dan tempat berkumpulnya komunitas anak muda di sepanjang Jalan Empunala, Sabtu, 1 Juni 2024 malam. Beberapa remaja yang kedapatan menggunakan atribut perguruan silat diminta untuk melepasnya.

Kemudian, petugas juga mendatangi tempat latihan salah satu perguruan silat. Di sana, petugas memberikan imbau agar melepas segala atribut ketika pulang latihan. Seperti seragam sakral, kaus dan jaket.

4.814 Jemaah Haji dari 13 Kloter Debarkasi Surabaya Tiba di Tanah Air

“Tujuannya untuk menciptakan situasi aman dan kondusif. Memberikan imbauan terkait larangan memakai kaus atau jemper (jaket) perguruan silat yang dapat memicu terjadinya konflik. Sasaran utama di angkring-angkringan. Tadi ada warga perguraun yang memakai kaos, langsung kita minta lepas,” kata Kanit Turjawali Sat Samapta Polres Mojokerto Kota Ipda Iswahyudha kepada wartawan usai patroli di Mako Polres Mojokerto Kota, Sabtu, 1 Juni 2024.

Kemudian, petugas juga mendatangi tempat latihan salah satu perguruan silat. Di sana, petugas memberikan imbau agar melepas segala atribut ketika pulang latihan. Seperti seragam sakral, kaus dan jaket yang bertuliskan perguruan.

Truk Pertamina Angkut Pertalite Terbakar di Ngawi, Sopir Diperiksa Polisi

“Untuk latihan boleh memakai baju sakral tetapi saat kembali memakai baju biasa,” terangnya. 

Petugas juga menyasar area Pasar Ketidur di Kelurahan Surodinawan. Kedatangan petugas sontak membuat kawanan pemuda yang sedang nongkrong di angkringan kocar-kacir dan berusaha kabur.

Halaman Selanjutnya
img_title