Harga Sapi Kurban Idul Adha 2024 di Surabaya Tembus Rp 35 Juta

Ibnu Hajar dengan sapi-sapinya di lapak Surabaya.
Sumber :
  • Viva Jatim/M Dofir

Surabaya, VIVA JatimHarga sapi untuk kurban Idul Adha 2024 terpantau naik. Di Surabaya, harga satu ekor hewan mamalia ini bahkan tembus mencapai Rp 35 juta.

Idul Adha, PKS Jatim Bagi-bagi 200 Ribu Paket Daging Kurban

Seperti yang disampaikan Ibnu Hajar (42), pedagang sapi asal Sumenep yang membuka lapak di kawasan Merr, Kota Surabaya.

Kepada Viva Jatim, ia menyampaikan, harga sapi tahun ini cenderung naik. Kenaikannya juga bervariasi, mulai dari Rp 1 juta per ekor untuk sapi muda hingga Rp 5 juta per ekor untuk sapi berbobot jumbo.

Pesan Perdamaian untuk Palestina Warnai Tradisi Mengarak Kambing untuk Kurban di Malang

Penyebab kenaikan ini dikatakannya, diduga akibat inflasi seiring mahalnya sejumlah harga kebutuhan pokok yang berimbas pula pada harga hewan kurban.

"Saat ini saya bawa paling murah itu Rp 17 juta sampai Rp 35 juta. Kalau tahun kemarin itu Rp 15 juta sampai Rp 30 juta. Dulu cari sapi poel [gigi tanggal] harga 15 juta itu bisa, kalau sekarang peternak sudah nggak jual," katanya, Rabu,12 Juni 2024.

Pemkot Surabaya Berpatroli Susuri Sungai Kalimas Bersihkan Kotoran Hewan Kurban

Harga sapi yang naik, kata Ibnu, membuat para pelanggan yang tadinya hendak membeli hewan kurban jadi mengurungkan niatnya. Oleh sebab itu, dirinya telah mengantisipasi dengan tidak membawa semua sapi-sapinya ke lokasi jualan.

Bila tahun lalu jumlah sapi yang dia bawa dari Pulau Madura sekitar 150 ekor, tahun ini Ibnu menyebut cuma memajang 90 ekor sapi.

Halaman Selanjutnya
img_title