Bawaslu Trenggalek Ajak Insan Media Kawal Pemilu 2024

Sosialisasi Bawaslu Trenggalek kepada insan media
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Trenggalek menggelar 'Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif peran dan partisipasi media massa dalam menyongsong pemilu serentak tahun 2022 di Kabupaten Trenggalek'. Bawaslu mengajak insan media untuk bersama-sama mengawal proses demokrasi di Trenggalek di Pemilu 2024 mendatang. 

DPRD Jatim Terima Kunjungan Pelajar SMP Surabaya, Soroti Politik Uang

"Harapan kami pasca kegiatan ini kita nihil akan pelanggaran Pemilu terkait insan pers. Baik dari cetak, elektronik maupun online," ungkap Ketua Bawaslu Trenggalek, Ahmad Rokhani di Hotel Hayam Wuruk, Kamis 1 Desember 2022.

Menurutnya, hasil dari evaluasi sebelumnya, ada beberapa hal yang dari insan media belum mengetahui terkait regulasi soal kepemiluan. Selain itu, Rokhani berharap insan media sebagaimana yang dideklarasikan, narasi jurnalis Pemilu 2024 bersama-sama mencerdaskan masyarakat Trenggalek.

Pjs Bupati Tuban Didemo Warga, Minta ASN yang Tidak Netral Disanksi

Selanjutnya, dalam gelaran pesta demokrasi lima tahunan Pemilu 2024, Bawaslu mengajak bersama-sama mencegah politik uang, politik isu sara berita bohong, maupun ujaran kebencian dan berita-berita yang berpotensi menciptakan konflik khususnya konflik horizontal.

"Kita ketahui bersama ini nanti ibarat perang itu 2024 itu perang bebas. Sebab apa? Karena incumbent presiden tidak bisa maju periode selanjutnya. Berarti semua calon mempunyai hasrat yang sama untuk menang, belum lagi nanti November pemilihan Bupati bersama dengan pemilihan Gubernur," imbuhnya.

Pjs Dyah Wahyu Ermawati Berkomitmen Angkat Potensi Trenggalek

Atas dasar itu, Rokani mengajak seluruh stakeholder terkait, khususnya pada hari ini insan pers bersama-sama mengawal proses demokrasi di Trenggalek. Supaya hajat besar kali ini menjadi proses demokrasi yang berkualitas. Termasuk juga integritas dan damai hingga tataran bawah masyarakat.

"Mumpung ini masih lama, kita mengajak  teman-teman, pun Panwaslu Kecamatan yang hari ini hadir untuk bisa memahami apa yang telah disampaikan oleh pemateri," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title