Ekspor Songkok ke Luar Negeri Tandai Pembukaan Dekranasda Fest Gresik 2024

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat melepas ekspor Songkok
Sumber :
  • VIVA Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA Jatim – Pelepasan ekspor songkok ke Brunei Darussalam menjadi pembuka Dekranasda Fest 2024. Dilepas secara resmi oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani di Bandar Grissee, produk songkok yang diekspor produksi PT Angsa Emas Group sebanyak 75 kodi atau 1.500 buah senilai Rp75 juta.

Dekranasda Fest 2024, PT Smelting Dukung Gelaran Batik Fashion Street Gresik

Yani mengatakan, songkok merupakan produk unggulan yang diminati secara luas. Ini memberikan peluang bisnis yang besar bagi masyarakat Gresik.

"Komoditas seperti songkok, kopyah, atau peci adalah produk turun-temurun yang diproduksi secara tradisional oleh masyarakat Gresik. Produk ini juga diminati di luar negeri seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Turki, Yordania, Arab Saudi, dan Thailand," ujarnya, Jumat, 28 Juni 2024.

Bellingham Diisukan Cedera, Pelatih Tim Inggris Enggan Kehilangannya saat Melawan Slovakia Nanti

Bupati yang akrab disapa Gus Yani ini mendorong pelaku usaha dan masyarakat Gresik untuk terus meningkatkan kapasitasny. Baik dari segi sumber daya manusia maupun jaringan kerjasama.

"Ekspor ini diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi semua pihak, termasuk pelaku usaha di Kabupaten Gresik, untuk terus meningkatkan produksi dan mengembangkan strategi pemasaran mereka," tambahnya.

Ratusan Guru TPQ se- Nganjuk Ramai-Ramai Deklarasi Dukung Gus Muhibbin Maju Bupati

Ketua Dekranasda Gresik Nurul Haromaini dalam kesempatan yang sama mengajak pelaku usaha lokal untuk mengembangkan potensi usahanya. Tujuanya untuk menciptakan lapangan kerja lebih banyak di Kabupaten Gresik.

"Perajin songkok di Kemuteran Gresik adalah contoh nyata potensi yang dapat terus dikembangkan, baik dari sisi kuantitas maupun pasar," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title