Dekranasda Fest 2024, PT Smelting Dukung Gelaran Batik Fashion Street Gresik

Manager GA PT Smelting Indra SW Junilor
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA JatimJalanan Bandar Grisse di Jl Basuki Rachmad Gresik disulap menjadi panggung peragaan busana (fashion show). Beberapa busana batik khas Gresik diperagakan oleh sejumlah peraga busana. Para peragawan peragawati ini bukan profesional, melainkan pejabat di Pemkab serta eksekutif perusahaan yang ada di Kabupaten Gresik.

Ekspor Songkok ke Luar Negeri Tandai Pembukaan Dekranasda Fest Gresik 2024

Peragaan busana batik khas Gresik ini digelar untuk meramaikan even Dekranasda Fest 2024 yang digelar Dewan Kerajinan Nasional daerah (Dekranasda) bersama Diskoperindagkop Gresik dan PT Smelting. Sejumlah batik rancangan perajin Kabupaten Gresik ini mendapat sambutan masyarakat.

Nurul Haromaini, Ketua Dekranasda Gresik, Batik Fashion Street merupakan sebuah pagelaran busana yang menampilkan beragam batik khas Gresik dari berbagai pengrajin di wilayah Kabupaten Gresik.

Mitsubishi Material Corporation Dukung Konservasi Satwa Dilindungi PT Smelting-TSI Group

"Tentunya dalam setiap kreasi ini memiliki makna dan filosofi yang sangat mendalam dari motif batik yang dikenakan", ujarnya usai acara, Jumat, 28 Juni 2024.

Kegiatan ini lanjut diharapkan mampu memperkenalkan batik Gresik. Selama ini batik identik sebagai busana yang hanya dipakai oleh orang tua, busana yang dipakai oleh para pegawai ataupun busana yang dipakai untuk kondangan.

HUT ke-44 Dekranasda, Novita Ajak UMKM Lestarikan Budaya Nusantara

"Bukan hanya di kalangan orang tua saja, namun bagaimana nantinya batik Gresik dapat dicintai oleh milenial dan Gen Z," ucap Nurul Haromaini.

Ia pun mengajak kaum milenial khususnya di Kabupaten Gresik agar senantiasa mencintai batik khas Gresik. Sehingga produk lokal ini makin dikenal luas bukan hanya di Gresik saja, namun bisa juga ke tingkat nasional bahkan internasional.

Halaman Selanjutnya
img_title