Lahan Kilang Minyak Pertamina Terbakar, 4 Tim Damkar Dikerahkan

Petugas damkar padamkan api di lahan kilang minyak Tuban
Sumber :
  • Viva Jatim/Imron Saputra

Tuban, VIVA JatimLahan proyek New Grass Root Refenery (GRR) atau kilang Tuban yang berada di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban kembali terbakar, pada Jumat 28 Juni 2024, sore. Nyala api diketahui sekitar pukul 14.30 WIB dan berada di sisi timur tepatnya di Desa Wadung.

Tangki Pertamina di Tuban Bocor, Warga Alami Sesak Nafas hingga Mual

Sejumlah mobil damkar dikerahkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan kobaran api. Sementara para petugas keamanan PT Pertamina terlihat berjaga di kawasan tersebut dan tidak mengizinkan beberapa awak media masuk ke lokasi kebakaran untuk meliput.

Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Hermansyah Y Nasroen membenarkan kebakaran tersebut. Namun Hermansyah mengaku belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut begitu juga dengan luas lahan yang terbakar.

2 Rumah Warga Lamongan Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp300 Juta

Meski begitu, Hermansyah mengaku jika Pertamina sudah berhasil mengisolasi lokasi lahan lahan yang terbakar dengan menerjunkan empat tim damkar dari GRR Tuban, TPPI, Pemkab Tuban dan Swasta.

"Ini masih fokus proses penyiraman untuk memastikan pemadaman, dan mencegah api muncul kembali dan sampai saat ini masihhh belum diketahui penyebabnya," kata Hermansyah saat dihubungi wartawan.

3 Rumah-1 Kandang di Lamongan Terbakar, 4 Ekor Sapi Mati Terpanggang

Sebelumnya, kejadian serupa juga pernah terjadi pada September 2023, lalu. Saat itu, kebakaran terjadi di sisi utara tepatnya di Desa Sumurgeneg, kecamatan setempat.