PKB Patenkan Target Pilgub Jatim dapat Posisi Cagub Bukan Cawagub

Bendahara PKB Jawa Timur, Fauzan Fuadi
Sumber :
  • Viva Jatim/Yudha Fury

Surabaya, VIVA JatimKemenangan PKB dalam pemilihan legislatif (Pileg) di Jawa Timur membuat posisinya menguat. Perolehan 27 kursi di DPRD Jatim membuat PKB menjadi satu-satunya partai yang dapat mengusung calon pilgub sendiri meski tanpa berkoalisi. 

Mau Usung Kiai Marzuki-Risma di Pilgub Jatim, PKB Minta Nasihat Ulama Khos

Jika harus berkoalisi, PKB mematok target posisi Cagub. Bendahara PKB Jatim Fauzan Fuadi menegaskan posisi tersebut sudah paten. Karena PKB menurutnya mencalonkan Gubernur bukan Calon Wakil Gubernur Jatim. 

“PKB mengusung Cagub bukan Cawagub [Jatim],” kata Fauzan saat dikonfirmasi, Jumat, 28 Juni 2024. 

PKB Keluarkan Rekomendasi untuk 11 Cakada di Jatim, Pamekasan bukan Baddrut Tamam

Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim ini menuturkan untuk posisi Cawagub Jatim, pihaknya sedikit melunak. Ia akan menyerahkan kepada hasil musyawarah bersama partai lain, jika nantinya ada partai yang merapat dan membuat poros baru. 

“Cawagub akan di musyawarahkan bersama partai koalisi yang akan bergabung,” ucapnya. 

Peluang PKB-PDIP Bentuk Koalisi Semangka Lawan Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Untuk sosok cagub jago PKB, lanjutnya, pihaknya masih condong ke Ketua PWNU Jatim periode 2018-2023 KH. Marzuki Mustamar. Namun untuk sementara ini semua hal masih berpotensi jadi, sebab keputusannya berada di tangan DPP PKB. 

“Perkembangan lebih jauhnya kami belum tahu, karena ini semua adalah kewenangan DPP. DPW akan patuh apapun keputusannya DPP,” pungkasnya.