Lampaui Target RKAP 2023, Petrokimia Gresik Raih Laba Sebesar Rp13,17 Triliun

Dirut Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo bersama jajaran direksi
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA Jatim – Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menerangkan sejumlah kinerja baik dari perusahaan dalam upayanya mendorong kemajuan pertanian Indonesia dan industri kimia nasional secara berkelanjutan di usia ke-52 tahun ini.

Banser Tertua Usia 64 Tahun Dapat Bantuan dari Bupati Mas Dhito

Kinerja baik perusahaan BUMN ini dapat dilihat dari tingkat kesehatan perusahaan yang memperoleh skor AAA dengan predikat Sangat Sehat. Beberapa indikatornya diantaranya, perolehan laba perusahaan di tahun 2023 sebesar Rp1,25 triliun. 

Laba ini didapatkan melalui income atau pendapatan perusahaan yang menyentuh di angka Rp13,17 triliun dan melampaui target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2023 sebesar Rp12,97 triliun, atau setara 103 persen.

Beasiswa 'Becak Kari' Wujudkan Mimpi Sekolah Kesehatan Gratis bagi Siswa Kediri

“Perolehan laba tersebut tentu tidak lepas dari berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh Insan Petrokimia Gresik. Selain menciptakan value creation atau nilai tambah sebesar Rp381,1 miliar, inovasi Petrokimia Gresik juga mendapatkan banyak apresiasi dari stakeholder,” ujar Dwi Satriyo, Jumat, 12 Juli 2024.

Kinerja baik perusahaan berikutnya juga dibuktikan dari sejumlah penghargaan yang diraih Petrokimia Gresik dalam berinovasi. Petrokimia Gresik mendapatkan Anugerah BAPETEN 2023 dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), dan Anugerah National Lighthouse Industri 4.0 dari Kementerian Perindustrian (Kememperin) RI.

Tangis Pecah Pedagang Dapat Bantuan Modal dan Beasiswa dari Bupati Kediri

Inovasi yang dijalankan Petrokimia Gresik juga juga menyentuh di bidang lingkungan, dan berhasil mendapatkan penghargaan dari Kemenperin sebagai Terbaik Pertama untuk kategori Environmental, Social, and Governance (ESG). Perusahaan juga mendapatkan penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), yaitu Proper Emas selama tiga tahun berturut-turut, beserta ratusan penghargaan lainnya.

“Penghargaan dari Kemenperin dan KLHK tersebut menjadi bukti bahwa komitmen Petrokimia Gresik di bidang lingkungan diimplementasikan dengan baik. Selain itu menjadi bentuk dukungan Petrokimia Gresik terhadap Pemerintah dalam program dekarbonisasi,” ucap Dwi Satriyo.

Halaman Selanjutnya
img_title