Hakim Erintuah Damanik Dipanggil PT Surabaya Usai Putus Bebas Ronald Tannur

Hakim Erintuah Damanik di Pengadilan Tinggi Surabaya.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Ketua Majelis Hakim Erintuah Damanik dalam perkara terdakwa Gregorius Ronald Tannur dipanggil pimpinan Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya pada Jumat, 26 Juli 2024. Ia dikabarkan diklarifikasi terkait putusan bebas Ronald Tannur dalam perkara dugaan pembunuhan dan atau penganiayaan yang menyebabkan Dini Sera Afriyanti tewas.

Dua Bocah Kakak Beradik di Kediri Tewas, Diduga Dibunuh Ibu Kandung

Dalam sidang, Hakim Erintuah Damanik menyatakan bahwa terdakwa Ronald Tannur tidak terbukti bersalah. Hakim menyatakan bahwa Dini meninggal dunia karena cairan alkohol yang ditemukan di dalam lambungnya, bukan karena dianiaya oleh terdakwa. Vonis bebas tersebut akhirnya menuai protes dari masyarakat luas.

Mengenakan kemeja lengan pendek, Damanik pun kemudian jadi sorotan hingga kemudian dipanggil oleh pimpinan PT Surabaya. Damanik tiba di Gedung PT Surabaya di Jalan Sumatera Nomor 42 Surabaya sekitar pukul 10.00 WIB. Ia di dalam gedung sekitar dua jam. 

KY Rekomendasi Pemecatan 3 Hakim yang Bebaskan Ronald Tannur, Ini Kata PN Surabaya

Tak banyak komentar disampaikan Damanik ketika dicegat wartawan soal kehadirannya di PT Surabaya. Ia juga tak menjawab ketika ditanya apakah kedatangannya terkait perkara Ronald Tannur yang diputus bebas. "Nggak ada apa-apa, silaturahmi saja," akunya.

Ketika disinggung soal putusan bebas Ronald Tannur yang menuai protes, Damanik ogah menjawab. Ia menyilakan wartawan untuk menanyakan soal itu ke humas pengadilan. “Buktinya sudah ada di dalam pertimbangan,” tandasnya.

Jessica Wongso ‘Kopi Sianida’ Bebas Bersyarat Hari Ini

Sementara itu, Humas PT Surabaya Elang Prakosa mengatakan bahwa Damanik datang karena dipanggil oleh Wakil Ketua PT Surabaya. Tak dijelaskan apakah pemanggilan itu terkait putusan bebas Ronald Tannur atau karena hal lainnya. “[Erintuah Damanik] dipanggil wakil ketua,” katanya.

Perkara Ronald Tannur bermula dari kehebohan di dunia maya tentang dugaan penganiayaan yang menyebabkan tewasnya Dini Sera Afriyanti beberapa bulan lalu. Dini tewas usai menikmati malam bersama Ronald di tempat hiburan di kawasan Jalan Mayjen Jonosewojo, Lakarsantri, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu, 4 Oktober 2023, malam.

Halaman Selanjutnya
img_title