Gus Halim Pimpin Apel Kebangsaan: Pendamping Desa Harus Multi Talent

Kemendes PDTT gelar Apel Kebangsaan bersama pendamping desa se zona 1 Jatim di Kebun Raya Puwodadi Pasuruan
Sumber :
  • VIVA Jatim/A Toriq A

Pasuruan, VIVA Jatim - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar Apel Besar Kebangsaan bersama pendamping desa se zona 1 Jatim di Kebun Raya Puwodadi Pasuruan, Minggu 28 Juli 2024. 

PKB Jatim Mulai Panaskan Mesin Politik untuk Menangkan Luluk-Lukman di Pilgub Jatim

Dalam pidatonya, Menteri Desa dan PDTT Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim meminta agar pendamping desa selalu membersamai pemerintah desa sebagai upaya percepatan pembangunan di desa melalui anggaran dana desa yang telah digelontorkan pemerintah. 

Menurutnya, gelontoran dana desa merupakan bentuk afirmasi Presiden Joko Widodo dalam pembangunan di akar rumput dengan payung hukum UU Desa. Hasilnya pun cukup signifikan. Tidak sedikit desa saat ini berkembang pesat, khususnya dalam mengembangkan pontensi kearifan lokal. 

Presiden Jokowi sudah Teken Surat Mundur Mensos Risma

"Kita buktikan bahwa ikhtiar-ikhtiar presiden yang didukung oleh para pendamping desa telah menampakan hasil yang signifikan. Oleh karena itu kita ucapkan terima kasih kepada seluruh pendamping desa se-Indonesia," kata Gus Halim.

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar saat Apel Kebangsaan bersama pendamping desa di Kebun Raya Puwodadi Pasuruan

Photo :
  • VIVA Jatim/A Toriq A
Jokowi Resmikan RS Vertikal Surabaya: Jangan Berobat ke Luar Negeri

Ia mengatakan, keberadaan pendamping desa merupakan upaya untuk terus menempatkan desa sebagai sebuah pemerintahan yang berbasis masyarakat. Dalam proses pembangunan desa sebuah keniscayaan partisipasi warga masyarakat desa harus dikedepankan. 

"Tanpa partisipasi masyarakat desa kita tidak akan bisa mengawal dana desa yang sudah sangat luar biasa besarnya yang dialokasikan ke desa," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title