BMKG Jatim Imbau Waspada Cuaca Ekstrem hingga 3 Bulan ke Depan

Ilustrasi banjir karena cuaca ekstrem
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada. Sebab cuaca ekstrem masih akan berlanjut hingga tiga bulan ke depan. Di sejumlah daerah di Jawa Timur masih berpotensi hujan lebat disertai angin. 

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Seperti halnya hujan dengan intensitas tinggi melanda daerah Tulungagung hingga Trenggalek. Tak hanya itu, beberapa hari yang lalu juga disertai angin kencang menyebabkan ratusan rumah mengalami kerusakan. 

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Jawa Timur, Ahmad Lutfi menjelaskan bahwa saat sekarang ini masih masuk musim penghujan. Otomatis potensi terjadinya hujan dengan intensitas tinggi atau bahkan ekstrim masih akan terus berlanjut.

Udara Panas Landa Indonesia Belakangan Ini, BMKG Ungkap Penyebabnya

"Jadi tidak hanya berhenti kemarin menjadi terakhir, tetapi masih tetap berpotensi dan berulang. Mungkin bukan di tempat yang sama bisa jadi di tempat yang lain hingga 3 bulan kedepan," ungkap Ahmad Lutfi, saat dikonfirmasi Viva Jatim, Rabu 7 Desember 2022.

Selanjutnya yang patut diwaspadai, menurut Lutfi adalah selain hujan deras juga angin kencang. Kendati tak selamanya bersamaan, antara hujan deras dan angin kencang, menjadi kewaspadaan karena dimungkinkan sebabkan kerusakan.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Langkah yang perlu diperhatikan, BMKG Jatim menyarankan untuk selalu update informasi, baik melalui sosial media maupun laman website resmi BMKG. Dengan melihat prakiraan cuaca maupun peringatan dini cuaca ekstrem, akan menambah literasi update kondisi wilayah masing-masing.

Tidak hanya berhenti disitu, Lutfi mengaku juga harus melalui pengamatan visual. Masyarakat bisa mengawasi dari bentuk awan yang hitam pekat sekali. Lalu awan tersebut juga bersamaan kondisi sekitar terasa sumuk.

Halaman Selanjutnya
img_title