Tinjau Simulasi Program Makan Siang Gratis di Surabaya, Ini yang Disorot Gibran

Gibran Rakabuming Raka dan Khofifah Indar Parawansa.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimWakil Presiden (wapres) terpilih Gibran Rakabuming Raka meninjau pelaksanaan uji coba atau simulasi program makan siang gratis di SDN Klampis Ngasem III Kota Surabaya, Kamis, 1 Agustus 2024. Di lokasi, ia menyoroti soal pengolahan sampah bekas kemasan makanan dari program tersebut.

Khofifah Bicara Pentingnya Menjadi Transformational Leader di Forum Pascasarjana Unair

Di lokasi, ikut hadir mendampingi Gibran, di antaranya Khofifah Indar Parawansa, Emil Dardak bersama Arumi Bachsin, dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Gibran bertegur sapa dengan para siswa dan guru di SDN Klampis Ngasem III saat makan siang dan buku dibagi-bagikan secara gratis.

Gibran menyampaikan, untuk mengevaluasi penerapan program makan bergizi gratis ini, pihaknya telah melakukan uji coba di tiga kota yang ada di Indonesia. Meliputi Surakarta, Sentul dan hari ini di Surabaya.

Khofifah Dinobatkan Sebagai Ibunya Pekerja SKT

“Hari ini kita melibatkan banyak UMKM. Sekali lagi, untuk yang di Surabaya ini kemarin kita mengevaluasi untuk yang di Sentul, di Surakarta," ujar Gibran.

Dalam kegiatan itu, Gibran mengaku menerima banyak masukan. Salah satu tentang pentingnya mengolah sampah sisa kemasan nasi kotak.

Eri Cahyadi Optimis Menang Mutlak Lawan Kotak Kosong di Pilkada Surabaya

“Wali Kota Surabaya sudah menemukan solusi [pengolahan sampah sisa makanan]. Jadi nanti ke depan apa yang sudah kita jalankan di Surabaya nanti mungkin akan kita terapkan di kota kota lain juga," lanjutnya.

Uji coba program makan gratis menurut rencana akan kembali dilakukan di Tangerang. Setelah itu, giliran kota maupun kabuapaten di luar Pulau Jawa.

Halaman Selanjutnya
img_title