Arumi Bachsin Dukung Jokowi Larang Produsen Beri Diskon Susu Formula

Arumi Bachsin (kiri) bersama founder Mom Uung Victoria Finky (kanan).
Sumber :
  • Viva Jatim/M Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Istri Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Arumi Bachsin, menyatakan dukungannya terhadap langkah pemerintahan Joko Widodo yang melarang produsen dan distributor susu formula memberikan diskon harga produk pengganti Air Susu Ibu (ASI) kepada masyarakat.

Kemeriahan Fashion Batik Festival Suguhkan Motif Batik Khas Kediri

Larangan itu dimuat dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2024 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan, yang diteken Presiden Joko Widodo pada 26 Juli 2024 lalu.

Perempuan cantik yang juga mantan Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jawa Timur mengatakan, kebijakan pemerintah tersebut sebagai satu hal yang patut diapresiasi. Walaupun keberadaan susu formula sejatinya masih dibutuhkan bagi ibu maupun bayi-bayi dalam kondisi tertentu.

Khofifah Kagumi Komitmen PKS di Pilgub Jatim 2024: Luar Biasa

"Tapi tidak boleh disalahgunakan sebagai pengganti ASI," kata Arumi saat acara Roadshow Mommy Uung di Surabaya, Minggu, 4 Agustus 2024.

Arumi mengatakan, sejak lama pemerintah telah lama mengkampanyekan pentingnya menyusui buah hati. Di Jawa Timur, langkah serius pemerintah ialah dengan menerbitkan sertifikat penghargaan melalui Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) kepada para ibunda yang dianggap tuntas memberikan ASI eksklusif selama 2 tahun.

Presiden Jokowi sudah Teken Surat Mundur Mensos Risma

"Harapannya ini sebagai salah satu indikator kita untuk mengontrol para Ibu supaya bisa konsisten memberikan ASI eksklusif, penyemangat untuk meneruskan sampai 2 tahun. Sebagai apresiasi," lanjutnya.

Lebih lanjut dikatakannya, memberikan ASI eksklusif selama dua tahun mempunyai beragam manfaat, terutama dari segi kesehatan, yakni mencegah stunting pada anak dan meminimalisir serangan penyakit kanker payudara.

Halaman Selanjutnya
img_title