Sambut HUT RI, Ribuan Warga Kedungpring Gresik Ikuti Karnaval Budaya Nusantara

Karnaval budaya Nusantara di Desa Kedungpring sambut HUT RI
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA Jatim – Ribuan warga Desa Kedungpring, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, mengadakan karnaval menyambut HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Minggu, 18 Agustus 2024 dengan tema Budaya Nusantara.

Musisi Tanah Air Meriahkan Karnaval Stasiun Televisi di Trenggalek

Karnaval yang di ikuti 14 Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW), BPD, serta Karang Taruna, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), dan pelajar ini memakai kostum nusantara, mulai dari kostum kerajaan Majapahit, adat Jawa, Bali, Minangkabau, Madura dan pakaian adat lainnya.

Rute karnaval dimulai dari lapangan Dusun Kedungpring, menuju Desa Balongpanggang. Terlihat puluhan petugas gabungan dari Polsek, Koramil, petugas Trantib Kecamatan, serta Linmas dilibatkan untuk mengatur arus lalu lintas yang dilalui karnaval. Ribuan warga antusias menyaksikan di pinggir jalan.

Sukses Emban Tugas, Bupati Arifin Siapkan Beasiswa Bagi Paskibraka

Terlihat Kepala Desa (Kades) Kedungpring, Priyono yang mengikuti karnaval bersama warga menggunakan pakaian (kostum) kerajaan Majapahit hingga garis finish yakni di balai Desa Kedungpring.

Priyono menyampaikan karnaval Budaya Nusantara ini untuk menyemarakkan HUT RI ke-79 yang rutin di gelar setiap tahun. Tema Nusantara dipilih agar warga bisa melestarikan budaya Indonesia, bahwa bangsa ini dari berbagai macam suku dan bangsa. 

Enam Napi Lapas Tulungagung Bebas Usai Dapat Remisi di HUT ke 79 RI

Selain itu, mengingatkan warga, khususnya para pemuda pemudi Desa akan nilai-nilai perjuangan para pejuang bangsa yang memperjuangkan kemerdekaan RI, juga untuk menghibur masyarakat.

"Peserta karnaval menggambarkan Bhinneka Tunggal Ika, masyarakat kita itu majemuk, cinta keberagaman. Karnaval ini juga sebagai upaya mengisi kemerdekaan dan mengingatkan kepada generasi akan susah payahnya para pejuang merebut kemerdekaan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title