Tidak Kampanyekan Golput, Koalisi Bumbung Kosong ke KPU Gresik Daftarkan Kotak Kosong

Koalisi Bumbung Kosong datangi KPU Gresik
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA JatimPuluhan massa yang tergabung dalam Koalisi Bumbung Kosong mendaftarkan calon bupati dan wakil bupati ke KPU Gresik, Kamis, 29 Agustus 2024. Hal ini dilakukan setelah dipastikan Pilkada Gresik 2024 hanya diikuti satu pasangan calon (paslon).

Eri Cahyadi Optimis Menang Mutlak Lawan Kotak Kosong di Pilkada Surabaya

Diketahui, KPU Gresik membuka pendaftaran calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2024 mulai 27-29 Agustus 2024 dan hingga hari ini hanya ada satu pasangan calon yang sudah mendaftar di KPU yakni pasangan Fandi Akhmad Yani dan dr Alif (Ya-Alif).

Selain berorasi, massa Aliansi Bumbung Kosong juga meneriakkan yel-yel hidup bumbung kosong dan bersholawat yang diiringi musik angklung. Di akhir demo, masa aksi menyerahkan berkas ke Ketua KPU Gresik Akhmad Taufik.

Koordinator aksi M Fadlullohil Masbut mengatakan aksi ini upaya penyadaran kepada masyarakat, pendidikan politik kepada masyarakat, bahwasanya bumbung kosong ini merupakan sesuatu hal opsional yang dilindungi oleh undang-undang, di mana ketika ada satu calon tunggal, maka pemilih selaku masyarakat Gresik itu diperkenankan untuk mencoblos kotak kosong, dan tidak mengkampayekan golput.

"Kita tidak mengkampayekan golput, tapi kita menawarkan ada yang namanya kotak kosong di pemilihan bupati. Sehingga aspirasi yang merasa calon yang sudah mendaftar yang tidak sesuai dengan harapan atau keinginannya, bisa mencoblos kotak kosong. Sehingga aspirasi masyarakat Gresik untuk mencapai Gresik yang maju, adil dan memiliki pemimpin yang amanah sesuai harapan itu bisa tercapai melalui pencoblosan kotak kosong," katanya usai aksi.

Ini Skema KPU RI Jika Kotak Kosong Menang di Pilkada 2024

Menanggapi hal ini, Ketua KPU Gresik Akhmad Taufik mengatakan pihaknya menyambut baik kritik dan masukan dari masyarakat.

"Itu menjadi motivasi kami untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap berpartisipasi memilih pada Pilkada 2024 mendatang," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title