Kronologi Aksi Perampokan di Rumah Dinas Wali Kota Blitar

Suasana Rumdin Pemkot Blitar
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Peristiwa nahas terjadi di Rumah Dinas Wali Kota Blitar, Jawa Timur. Pasalnya sekelompok orang yang membawa sejenis senjata api (senpi) dan senjata tajam (sajam) menggencarkan aksi perampokan di Rumah Wakil Kota Blitar di Jalan Sudanco Suprijari Nomor 18 Blitar. 

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Kabid Humas Polda Jawa Timur (Jatim), Kombes Pol Dirmanto menceritakan kronologi kejadian tersebut. Pada pukul 03.00 WIB gerombolan orang tiba-tiba menyerang anggota Satpol PP yang sedang bertugas, Senin 12 Desember 2022.

"Mereka melumpuhkan ketiga Satpol PP yang berjaga. Kemudian para pelaku mengikat dan memborgol serta melakban mata ketiga petugas jaga tersebut," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim. 

Polda Jatim Periksa 21 Saksi Kasus TPPU yang Seret Ahli Nuklir UGM

Dengan melumpuhkan petugas Satpol PP yang sedang bertugas, lima orang gerombolan itu kemudian menggencaran aksinya dengan masuk ke ruang utama kamar Wali Kota Blitar. Sebelumnya mereka mendobrak pintu untuk bisa masuk ke dalam. 

Seketika itu, Wali Kota Blitar, Santoso beserta istrinya langsung disekap. Mereka menutup mata Santoso dan istrinya dengan lakban. Orang nomor satu di Kota Blitar ini pun tak bisa berbuat apa-apa. Hingga para perampok mengambil sejumlah uang dan barang berharga yang ada di lokasi. 

Polda Jatim Ungkap Kasus Penipuan Senilai Rp11,2 M Berkedok Kerjasama Bisnis

"Para pelaku mengambil sejumlah uang dan barang berharga milik wali kota dan istri di lokasi," tambah Dirmanto. Adapun barang yang diambil, satu ponsel milik Santoso dan uang tunai sekitar Rp400 juta milik Santoso. Serta, perhiasan, kalung yang digunakan dan jam tangan milik istri Wali Kota Blitar, yang apabila ditaksir senilai kurang lebih Rp15 juta.