Penguatan Agroforestri Sinergitas ARuPA dan CDK Melalui Sosialisasi

Suasana sosialisasi Program Penguatan Implementasi Agroforestery
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Jatim – Perkumpulan ARuPA (Aliansi Relawan untuk Penyelamatan Alam) bersama Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Trenggalek berkomitmen dalam penguatan agroforestri. Hal tersebut terjalin melalui 'Sosialisasi Program Penguatan Implementasi Agroforestri dan Mendorong Adanya Insentif Pasar untuk Mendukung Kinerja Ekonomi Perhutanan Sosial di Tulungagung'.

Halal Bihalal dan Musda IKA SKMA Jatim, Pj Gubernur Adhy Tegaskan Komitmen Soal Hutan

Kepala Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah Trenggalek, Agus D. Prasetyo menjelaskan sinergitas program dan kegiatan menjadi salah satu opsi dalam upaya merubah persepsi para penentu kebijakan di Pemerintah Kabupaten Tulungagung dan instansi terkait lainnya. 

"Konteks perhutanan sosial sebagai wadah kerja bersama untuk memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat yang kebetulan lokusnya berada di dalam Kawasan Hutan," ungkap Agus D. Prasetyo Selasa 13 Desember 2022.

Limbah PG Mojopanggung Bocor! Warga Mengeluh Gatal-gatal

Agus mengaku, perhutanan sosial dapat berkontribusi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan peningkatan lapangan usaha. Akhirnya berpotensi meningkatkan PAD Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

"Alhasil tercipta suatu simbiosis atau hubungan timbal balik yang saling memberi manfaat, baik bagi masyarakat, Pemerintah Daerah, serta kawasan hutan itu sendiri," jelasnya.

Kesadaran Masyarakat Minim, 20 Ribu Hektare Hutan Tulungagung Kritis

Ia berharap dapat menggali peran masing-masing OPD Pemerintah Kabupaten Tulungagung dan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Trenggalek. Yaitu dapat mendukung pelaksanaan perhutanan sosial melalui sinergitas program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

"Kami mengucapkan terima kasih peran ARuPA dalam kegiatan ini, diharapkan memberikan gambaran rencana program pendampingan kepada kelompok Perhutanan Sosial KTH Argo Makmur Lestari," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
img_title