Bakar Jerami di Sawah, Kakek di Lamongan Tewas Terbakar

Ilustrasi kebakaran
Sumber :
  • Istimewa

Lamongan, VIVA Jatim – Seorang kakek bernama Saridjo (70), asal Desa Bedingin, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan ditemukan tewas terbakar di sawah pada Kamis 19 September 2024.

Kebocoran Data 6 Juta NPWP karena Ulah Bjorka, Jokowi: Segera Mitigasi!

Korban pertama kali ditemukan oleh salah seorang warga yang bernama Ruslan yang saat itu tengah melintas di jalan. Saksi kemudian melihat ada orang yang bergerak di tengah kepulan api dan berteriak meminta tolong.

"Kemudian saksi lain Subandi mencoba membantu memadamkan api. Saat memadamkan api itu saksi mendapati korban suda tidak bernyawa dan mengalami luka bakar 90 persen. Korban meninggal pada pukul 18.30," kata Kasi Humas Polres Lamongan, Ipda Hamzaid, Jumat 20 September 2024.

Jokowi Sebut Harga Telur dan Cabai Rawit di Pasar Dukuh Kupang Surabaya Terlalu Rendah

Hamzaid mengatakan, sebelum ditemukan meninggal, korban sekir pukul 13.00 wib berangkat ke sawah atau ladang untuk membakar jerami yang berada di ladang sawah miliknya. Saat itu api tiba-tiba membesar akibat tertipu angin kencang.

Kemudian korban berusaha memadamkan kobaran api menggunakan alat seadanya. Namun disaat itu korban justru terjatuh akibat terlalu banyak menghirup asap hasil pembakaran jerami tersebut. Kemudian korban pun terbakar.

Teriakan Mulyono Sambut Kedatangan Jokowi di Pasar Dukuh Kupang Surabaya

"Jerami yang dibakar korban terkena angin yang kencang dan membesar korban mencoba memadamkan api itu dengan alat kayu karna korban takut api itu merembet ke ladang tetangga," terangnya.

Atas kejadian tersebut, pihak keluarga menerimanya dan menyebut hal itu sebagai musibah dan tidak menuntut untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. Selanjutnya pihak keluarga tidak menghendaki dilakukan otopsi dan membuat surat pernyataan.