KPK Periksa 103 CCTV DPRD Jatim Terkait OTT Sahat Simanjuntak

Ruang server CCTV DPRD Jatim yang diperiksa KPK.
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Jatim – Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan pendalaman terkait OTT dugaan suap dana hibah yang menjerat Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Sahat Tua Simanjuntak. Rekaman kamera pemantau atau CCTV yang ada di gedung DPRD Jatim pun diperiksa, untuk mengetahui pergerakan orang-orang yang berhubungan dengan suap tersebut.

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Pemeriksaan rekaman CCTV dilakukan tim KPK di ruang server CCTV DPRD Jatim pada Kamis, 15 Desember 2022. Total 103 CCTV yang rekaman gambarnya diamati oleh tim KPK yang berjumlah enam orang. “Banyak, Mas [rekaman gambar CCTV yang diperiksa],” kata Suwadji, petugas pemantau CCTV dan Telepon DPRD Jatim.

Dia menjelaskan, rekaman gambar CCTV yang diperiksa KPK ialah dari tanggal 13 sampai 15 Desember 2022. Namun, pihak KPK belum menyalin rekaman CCTV tersebut. "Yang diperiksa banyak mulai dari kronologi dari masuknya dari mana sampai ruang mana. Dari awal datang dilihat dari mana yang masuk siapa saja," ujar Suwadji. 

Pertumbuhan Ekonomi Gresik di Bawah Rata-Rata Nasional, Butuh Sentuhan Birokrasi

Tim penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi menyegel ruang Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak dan dua ruangan lainnya usai melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) dalam kasus dugaan suap dana hibah pada Rabu malam kemarin. Setelah disegel, tim KPK menggeledah tiga ruangan di gedung DPRD Jatim tersebut pada Kamis, 15 Desember 2022.

Pengamatan Viva Jatim di gedung DPRD Jatim Jalan Indrapura Surabaya, selain ruang kerja Sahat, tim KPK juga menggeledah ruang server CCTV dan Kepala Sub Bagian Rapat dan Risalah pada Sekretariat DPRD Jatim yang juga berada di lantai dua. Di ruang CCTV, tiga penyelidik KPK memeriksa rekaman video yang terekam di server.

MK Tolak Gugatan Pilpres, Gerindra dan Golkar Jatim Harap Semua Pihak Kembali Bersatu

Mengawal tim KPK, sejumlah personel kepolisian bersenjata lengkap berjaga-jaga di sekitar ruangan DPRD Jatim yang digeledah. Belum ada keterangan diperoleh dari tim terkait data apa saja yang sudah mereka kumpulkan.

Di sisi lain, tim KPK lainnya dikabarkan melakukan pemeriksaan terhadap Sahat Tua Simanjuntak dan sejumlah orang yang diamankan di Markas Polrestabes Surabaya yang berada di Jalan Sikatan, yang lokasinya tak begitu jauh dari gedung DPRD Jatim di Jalan Indrapura.

Halaman Selanjutnya
img_title