Disertai Ledakan, Pabrik Asam Sulfat Freeport Gresik Terbakar Hebat

Penampakan Kebakaran Pabrik Asam Sulfat Freeport Gresik
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA Jatim – Baru diresmikan Presiden Joko Widodo 23 September 2024 lalu, pabrik asam sulfat smelter Freeport Indonesia yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Manyar, Gresik terbakar hebat, Senin, 14 Oktober 2024 petang.

Korban Kebakaran Rumah di Trenggalek Terima Bantuan dari Bawaslu

Kobaran api yang besar di sertai ledakan keras berasal dari pabrik asam sulfat tersebut membuat panik beberapa pekerja yang masih menjalankan aktifitas.

Dari pantauan asap tebal kebakaran masih membumbung tinggi. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

4 Ruko di Lamongan Ludes Terbakar, Diduga Gegara Korsleting Listrik

VP Corporate Communications PT Freeport Indonesia (PTFI), Katri Krisnati membenarkan jika kebakaran tersebut terjadi di pabrik asam sulfat sekitar pukul 17.45 WIB.

"Benar, telah terjadi kebakaran di pabrik asam sulfat smelter PTFI, di KEK Gresik, pada Senin, 14 Oktober 2024 pukul 17.45 WIB," ujarnya.

Diduga Akibat Bakar Sampah, Pabrik Plastik di Gresik Terbakar

Katri menambahkan untuk memadamkan api, saat ini tim tanggap darurat PTFI bergerak cepat menangani kebakaran tersebut dan sedang berusaha memadamkan api dengan melakukan pembasahan.

"Tim pemadam sedang melakukan pemadaman hingga saat ini, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Keselamatan para karyawan merupakan prioritas kami," ungkapnya.