Waspada Keamanan Jelang Nataru, Kadivpas Gelar Apel di Rutan Kelas 1 Medaeng

Suasana Apel Siaga menjelang Nataru di Rutan Kelas 1 Medaeng
Sumber :
  • Humas Kemenkumham Jatim

Jatim – Kadiv Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim Teguh Wibowo meminta jajarannya mewaspadai aspek keamanan, ketertiban dan bencana alam. Hal itu ia sampaikan pada Apel Siaga menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) yang dipusatkan di Rutan Kelas 1 Surabaya di Medaeng, Sidoarjo.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Sebagai pembina apel, Teguh didampingi Karutan Surabaya Wahyu Hendrajati. Hadir pula Kepala Bapas Kelas I Surabaya Arif Rahman, Kepala Rupbasan Kelas I Surabaya Endang Purwati, Pejabat Struktural Rutan Surabaya, Bapas Surabaya, Rupbasan Surabaya, serta seluruh petugas rutan.

Teguh Wibowo, pria asal Betawi itu,  menyampaikan bahwa dalam rangka menyambut hari raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, jajaran pemasyarakatan perlu meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi terhadap adanya gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas/ LPKA/Rutan.

3 Tahanan Sakit Usai Jalani Cek Kesehatan oleh Polres Trenggalek

"Kami akan mengoptimalkan fungsi dan peran intelijen pemasyarakatan di masing-masing UPT dalam melakukan deteksi dini terhadap adanya ancaman maupun gangguan keamanan dan ketertiban yang mungkin terjadi," urainya.

Sebagai langkah mitigasi bencana maupun bantuan pengamanan selama pelaksanaan Natal Tahun 2022 dan perayaan Tahun Baru 2023, Kadivpas juga mewajibkan seluruh kepala lapas/rutan di Jatim untuk berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, TNI, Pemadam Kebakaran, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). 

Berkah Idul Fitri, 16.691 Warga Binaan Lapas/Rutan Jatim Dapat Remisi Khusus

"Tingkatkan pelayanan Pemasyarakatan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan terutama untuk menjamin dalam menjalankan ibadah Hari Raya Natal, Remisi maupun Tahun baru dengan Khidmad, lancar, aman dan kondusif," tegasnya.

Tidak itu saja, Teguh juga menjelaskan bahwa dalam upaya peningkatan kewaspadaan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di jajarannya, telah dibentuk Satuan Tugas Nataru yang berkolaborasi dengan seluruh divisi pada Kanwil Kemenkumham Jatim.

Halaman Selanjutnya
img_title