Naik ke Level Waspada, Aktivitas Vulkanik Gunung Ijen Meningkat

Aktivitas Vulkanik di Gunung Ijen
Sumber :
  • Viva.co.id

Jatim – Gunung Ijen yang terletak di antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso mengeluarkan aktivitas abu vulkanik. Sebab itu, Badan Geologi pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) menetapkan statusnya dari level I normal menjadi level II waspada

Menengok Kekayaan Alam Geopark Ijen di Jatim yang Diakui UNESCO

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ijen, Suparjan menagtakan bahwa hal itu tertuang dalam rilis resmi badan Geologi pada Kementerian ESDM RI Nomor 1, Lap/GL.03/BGL./2023 tertanggal 7 Januari 2023. Dalam rilis tersebut disampaikan bahwa status Gunung Ijen naik ke level II atau waspada. 

“Benar sesuai rilis resmi Badan Geologi pada Kementerian ESDM, per hari ini [Sabtu malam] pukul 14.00 WIB status Gunung Ijen dari normal baik menjadi waspada,” kata Suparjan, dilansir dari Viva, 8 Januari 2023.

Kasus DBD Melonjak, Kemenkes Ingatkan Orang Tua Deteksi Gejala Awal

Oleh sebab itu, Badan Geologi merekomendasikan masyarakat, pengunjung maupun wisatawan dan para penambang belerang tidak mendekati kawah dalam radius 1,5 kilometer dari bibir kawah.

Suparjan menambahkan bahwa peningkatan aktivitas vulkanik gunung api yang memiliki ketinggian 2.145 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu terpantau suhu air danau Kawah Ijen pada bulan Desember 2022 terukur 16 derajat celcius, dan pada 5 Januari 2023 pemeriksaan kawah menunjukkan suhu air danau kawah meningkat menjadi 45,6 derajat celcius. 

Eksplorasi Keindahan Alam Banyuwangi, Dijamin Bikin Pengen Balik Lagi

Berdasarkan pengamanatan visual dan instrumental periode 1 Desember 2022 hingga 7 Januari 2023 cuaca di Gunung Ijen cerah hingga hujan, angin bertiup lemah hingga kencang ke arah timur, Selatan dan Barat. 

Sedangkan suhu udara tercatat antara 18.33 derajat celcius. Asap berwarna putih bertekanan lemah dengan intensitas tipis. Untuk tinggi asap antara 50-400 meter dari puncak. 

Halaman Selanjutnya
img_title