Elektabilitas Ganjar Lampaui Khofifah dan Risma di Surabaya Versi SSC

Surakim Abdus Salam, Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC)
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Jatim – Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo seringkali masih menjadi primadona calon presiden pada 2024, khususnya pada warga Kota Surabaya

Emil hingga Bayu Airlangga, Nama-nama Potensial Dampingi Khofifah di Pilgub Jatim

Dalam survei yang dikeluarkan Surabaya Survey Center (SSC) Ganjar memperoleh elektabilitas pilihan presiden dengan angka 34,6 persen. 

“Untuk Surabaya, Elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai pilihan calon presiden untuk 2024 nanti terlalu kuat," kata Ikhsan, Kamis 12 Januari 2022. 

Mahfud MD Nilai Kurang Tepat Program Makan Siang Gratis Masuk APBN 2025

Membututi jauh di bawah Ganjar, nama Ketum Gerindra, Prabowo Subianto yang menempati urutan kedua dengan angka elektabilitasnya sebesar 16,3 persen. Disusul Menteri Sosial, Tri Rismaharini dengan 10,7 persen serta mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan 9,3 persen. 

"Jauh melampaui nama-nama kandidat lain seperti Prabowo Subianto, Tri Rismaharini atau Anies Baswedan," ujarnya. 

Ganjar Usul Hak Angket Pilpres, Ketua Golkar Jatim Sebut Salah Alamat

Kendati demikian, masih memungkinkan ada pergeseran posisi elektabilitas dari kesekian tokoh tersebut. Pasalnya, dalam survei yang dilakukan dari  tanggal 1 hingga 10 Januari 2023 tersebut menyisakan 6,9 persen yang tidak menentukan sikap. 

"Berarti masih menyisakan ceruk yang  potensial yang masih dapat diperebutkan ke depannya, mengingat Pilpres masih di tahun 2024, walaupun jika melihat jarak angka elektabilitas Ganjar dengan kandidat lain yang sangat lebar, ceruk ini tidak akan terlalu signifikan berpengaruh," pungkasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title