Warga Mojokerto Sukses Budi Daya Jambu Taiwan, Segini Omzetnya

Buah Jambu Kristal Taiwan milik Takhiyat
Sumber :
  • Muhammad Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jatim – Warga Mojokerto berhasil mengembangkan budi daya jambu kristal asal Taiwan. Buah ini dikembangkan di kebun seluas 17000 meter persegi di Dusun Gede, Desa Kedunggede, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto. 

Sering Picu Kecelakaan, Polisi Bakal Kaji Ulang Pembatas Jalan Depan SPN di Mojokerto

Ia adalah Takhiyat. Pria berusia 60 tahun itu memanfaatkan lahan kosong di sebelah rumahnya untuk budi daya jambu tersebut sejak tahun 2012. Sesuai dengan nama, bibit yang dimiliki Takhiyat berasal dari negara berjuluk naga kecil itu. 

"Iya, bibitnya asli dari Taiwan," " katanya. 

Calonkan Diri Jadi Bupati, Kepala BPKAD Lamongan Siap Mundur dari ASN

Takhiyat mengajak Viva Jatim untuk berkeliling melihat dan mencicipi buah jambu kristal langsung dari pohonnya. Ia menjelaskan, yang siap dipetik salah satu cirinya adalah dari warnanya. Buah yang sudah berwarna putih itu tandanya sudah siap santap. 

Menurut dia, jambu kristal Taiwan ini berbeda dengan lokal. Jambu kristal Taiwan memilik daging yang tebal dan bijinya sediki.  Disebut kristal karena jika digigit timbul sensai kriuk. Sedangkan jambu kristal lokal sebaliknya. 

Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Tewas

"Ciri-ciri yang sudah bisa dipetik putih. Kelebihan punya saya rasanya ini manis, ada kriuk-kriuknya," tandasnya. 

Dikebunnya Takhiyat memiliki 120 pohon jambu kristal yang ditanam sejak tahun 2012. kini ia hanya merawat sederhana dan setiap hari melakukan pemangkasan batang. Ia juga bisa memanen setiap hari. Rencananya ia akan menanam 50 pohan lagi untuk peningkatan hasil panen. 

Halaman Selanjutnya
img_title