Samanhudi Eks Wali Kota Blitar Diduga Pembocor Denah Rumah Dinas yang Dirampok

Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar ditangkap aparat Polda Jatim.
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Kepolisian Daerah Jawa Timur menangkap mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar dalam kasus perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso yang terjadi pada 12  Desember 2022 lalu. Berdasarkan keterangan sementara, dia yang memberikan informasi rinci tentang kondisi rumah dinas Wali Kota Blitar yang akan dirampok kepada tersangka lainnya.

H+3 Lebaran, Arus Balik dan Wisata di Jatim Mulai Melonjak

Direktur Reskrimum Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Totok Suharyanto mengatakan, Samanhudi ditangkap di salah satu tempat olah raga di Blitar pada Jumat, 27 Januari 2022. Dia ditangkap setelah diperoleh keterangan dari tiga tersangka lainnya yang lebih dulu ditahan tentang keterlibatannya dalam peristiwa perampokan tersebut. 

Totok menuturkan, rencana aksi perampokan itu dirancang Samanhudi bersama rekannya saat mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sragen, Jawa Tengah. Saat itu, Samanhudi menjalani hukuman di Lapas Sragen dalam perkara suap proyek gedung SMPN3 Kota Blitar yang ditangani KPK.

Polda Jatim Targetkan Nol Kecelakaan Selama Operasi Ketupat Semeru 2024

Di Lapas Sragen, Samanhudi kenal dan berhubungan dengan tersangka lainnya yang juga menjalani hukuman antara dalam rentang 2020 hingga 2021. “Di sana mereka ketemu dan memberikan informasi, yang selanjutnya oleh Saudara NT dan lima orang [tersangka] itu melakukan curas (pencurian dengan kekerasan) di bulan Desember 2022,” kata Kombes Totok di Markas Polda Jatim di Surabaya.

Selama berhubungan, lanjut Totok, Samanhudi sudah mengetahui bahwa tersangka NT dan rekan-rekannya adalah pelaku pencurian dengan kekerasan atau perampokan. Bahkan, NT sudah lima kali terjerat kasus yang sama. Nah, Samanhudi yang memberikan informasi tentang rumah dinas secara rinci.

Jelang Lebaran, Polda Jatim Amankan Sabu hingga Bahan Peledak saat Operasi Pekat 2024

Apakah Samanhudi berperan sebagai otak perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar? Totok menyampaikan soal itu masih didalami oleh penyidik. “Itu masuk teknis pembuktian,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus perampokan di rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso yang terjadi pada 12 Desember 2022 dini hari lalu. Samanhudi pun langsung ditangkap dan menjalani pemeriksaan di Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Halaman Selanjutnya
img_title