Hujan Deras, Tebing di Tiga Desa Mojokerto Longsor

Tebing di Tiga Desa Mojokerto Longsor
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jatim –Sejumlah tebing di tiga desa sepanjang jalur Pacet-Trawas Kabupaten Mojokerto mengalami longsor karena curah hujan tinggi, Rabu, 1 Februari 2023. Akibatnya, material longsor menutupi separuh badan jalan. 

Banjir Bandang Selutut Orang Dewasa Landa Munjungan Trenggalek

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, terdapat beberapa titik tebing yang longsor. Tebing tersebut tersebar di jalan 3 Desa. Yakni Desa Cembor dan Desa Claket, Kecamataan Pacet serta Desa Selotapak, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. 

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto, Djoko Supangkat  mengatakan, jarak waktu kejadian longsor tidak terlalu lama. Tebing di Desa Cembor dan Desa Claket  terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Sementara, tebing tembok penahan tanah (TPT) di Desa Selotapak tejadi sekitar pukul 17.00 WIB. 

Motor Terjerembab Tanah Amblas 7 Meter di Trenggalek, 1 Orang Luka-luka

Ia menjelaskan, titik pertama yang berada di  akses Jalan Raya Pacet - Trawas, masuk Desa Cembor setinggi 4 meter, lebar 2,5 meter, dan ketebalan 50 cm, serta panjang 5 meter. Titik longsor kedua luas area tinggi lima meter, lebar 2 meter dan panjang 3meter dengan ketebalan sekitar 80 sentimeter. 

Dampak tebing longsor material tanah dan bebatuan sempat menutup akses jalan penghubung Pacet-Trawas di Desa claket.

Tebing Sepanjang 15 Meter di Trenggalek Longsor, Jalan Penghubung Desa Lumpuh

"Dua titik di Jalan Raya Pacet-Trawas Desa Cembor tebing longsor menutup separuh badan jalan di 6 titik. Namun, ttik ke tiga hingga ke enam tidak sampsi menutup akses jalan?" katanya kepada Vivajatim.co.id, Rabu, 1 Februari 2023 malam. 

Tebing lonsor sepanjang jalur Pacet-Trawas masuk di Desa Claket Hanya skala kecil, tidak sampai  menutup akses jalan penghubung Pacet- Trawas. Longsoran  berupa tanah dan bebatuan. 

Halaman Selanjutnya
img_title