Pasca PPKM, Ketum Kadin Jatim Optimis Industri Mice Tumbuh Maksimal

Ketua Umum Kadin Jawa Timur Adik Dwi Putranto
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

JatimKetua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur Adik Dwi Putranto optimis industri Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (Mice) di Jawa Timur bakal tumbuh lebih besar tahun ini apalagi pasca dihapusnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Presiden Joko Widodo akhir tahun 2022 lalu.  

Indahnya Pesona Laut yang Tersimpan di Balik Bisingnya Kota Industri Gresik

Pernyataan ini disampaikan saat menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) IX Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia DPD Jawa Timur di Surabaya, Kamis 2 Februari 2023.

Menurutnya, ada tiga hal yang harus dilakukan agar industri ini bisa tumbuh maksimal pasca pandemi. Pertama adalah kolaborasi. 

Pertumbuhan Ekonomi Gresik di Bawah Rata-Rata Nasional, Butuh Sentuhan Birokrasi

"Kalau kita ngomong industri 4.0 atau 5.0, tanpa kolaborasi bukan apa apa. Dan industri Mice ini bisa tumbuh maksimal jika kolaborasi seluruh stakeholder terkait terbangun dengan kuat, dengan pemerintah dan semua pengusaha lain yang terkait," ujarnya 

Kedua peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Peningkatan skill tenaga kerja di sektor Mice dinilai sangat penting karena industri Mice adalah industri jawa yang erat kaitannya dengan layanan. 

Hilirisasi, PLN Pasok Listrik Tahap Tiga 110 MVA ke Smelter Freeport Gresik

"Pelaku industri Mice tidak hanya dituntut untuk bisa melaksanakan kegiatan dengan sukses tetapi juga harus bisa mendatangkan pembeli. Dan terakhir, penggunaan teknologi juga harus diperhatikan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Hudiyono juga memperkirakan industri ini bakal tumbuh lebih baik seiring dengan besarnya target kunjungan wisata yang ditetapkan pemerintah.

Halaman Selanjutnya
img_title