Pengusaha Jatim Dukung Penuh Usaha Bupati Sumenep Mereaktivasi Jalur Kereta Madura

Ilustrasi Kereta Api
Sumber :
  • Viva

Jatim – Usaha Bupati Sumenep, Jawa Timur, Achmad Fauzi mendapat dukungan dari banyak pihak terkait upaya meminta jalur kereta api di Madura dihidupkan lagi, termasuk dukunga tersebut datang dari kalangan pengusaha. Usulan tersebut dinilai mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat di pulau garam

Berangkat Melaut Sendirian, Nelayan di Tuban Hilang Saat Cari Ikan

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Umum Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Jawa Timur, Mohammad Supriyadi. Ia menilai kalangan pengusahan mendukung penuh usaha Achmad Fauzi yang menginginkan jalur kereta dihidupkan lagi.

Reaktivasi jalur kereta api Madura memiliki banyak manfaat untuk masyarakat, apalagi mobilitas masyarakat Madura semakin tinggi, sehingga kepadatan lalu lintas tidak bisa dihindari,” kata Supriyadi. 

Menengok Tradisi Kupatan Durenan di Trenggalek saat H+7 Lebaran, Ini Rangkaiannya

Karenanya, Supriyadi meminta seluruh pihak ikut mendukung perjuangan Bupati Sumenep Achmad Fauzi yang terus meminta pemerintah pusat mereaktivasi jalur kereta. 

“Semua elemen masyarakat, mulai dari para ulama, tokoh masyarakat, semua kepala daerah se-Madura, harus bersama-sama mengawal reaktivasi rel kereta demi terwujudnya konektivitas dan kemajuan Madura. Saatnya kita songsong kemajuan Madura dengan tetap berpegang teguh pada kearifan lokal,” imbau Supriyadi, pengusaha asal pulau garam itu. 

3 Tahanan Sakit Usai Jalani Cek Kesehatan oleh Polres Trenggalek

Menurut Supriyadi, pengaktifan kembali jalur kereta menjadi opsi terbaik ketika rencana pembangunan jalan tol Madura urung terealisasi. Saat masih beroperasi, jalur kereta sepanjang 225 kilometer itu menghubungkan empat kabupaten di Pulau Madura, mulai dari Bangkalan, Sampang, Pamekasan, hingga Sumenep. 

Reaktivasi jalur kereta Madura akan menjadi turning point bagi pertumbuhan ekonomi di wilayah Madura. Kemiskinan yang telah menjerat pulau garam selama bertahun-tahun akan mampu dilepaskan jika pemerintah pusat menghidupkan kembali jalur kereta di Madura,” kata Supriyadi.