Baru Saja Perbaikan Dinyatakan Rampung, Listrik di Madura Padam Lagi

Personel PLN sedang melakukan perbaikan listrik untuk pasokan Madura
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Baru-baru ini PLN menyatakan bahwa perbaikan listrik untuk pasokan di Pulau Madura dinyatakan rampung pada Senin, 13 Februari 2023 lalu. Karenanya dipastikan bahwa listrik akan kembali normal sebagaimana semula. Namun justru, usai perbaikan itu dinyatakan rampung, listrik di Madura malah padam lagi

PLN Sediakan SPKLU di Setiap Rest Area Tol, Total Ada 1.299 Unit se-Indonesia

Usut punya usut hal itu disebabkan karena personel PLN melakukan observasi pada jalur transmisi lainnya, yakni sirkit 2 Kenjeran - Bangkalan. Berdasarkan hasil observasi ditemukan indikasi yang berpotensi gangguan atau titik kritis yang membutuhkan penanganan segera. Sehingga listrik kembali tidak normal. 

"Ini adalah keputusan yang sulit, namun dikarenakan sumber daya yang diperlukan (personel, peralatan, genset) masih standby di lokasi maka kami mengambil keputusan untuk melakukan perbaikan. Jika diibaratkan seperti roda terindikasi gembos, kalo diteruskan tidak hanya ban yang bocor tapi, peleg bisa patah, tambal ban sudah tidak ada, perjalanan akan semakin lama kita tempuh," terang Feri.

Stok Batu Bara di Atas 20 Hari, Pasokan Listrik saat Lebaran 2024 Dijamin Aman

Feri menambahkan setelah titik potensi kritis ditemukan, akan ditentukan upaya selanjutnya dan estimasi waktu yang dibutuhkan. Ia pun meminta dukungan dan pengertian dari warga, khususnya warga Madura untuk lebih sabar menunggu perbaikan selesai.

"Kami mohon dukungan dan pengertian segenap masyarakat Madura agar lebih bersabar. Estimasi waktu pemeliharaan akan kami sampaikan dikemudian saat titik gangguan telah ditemukan. Semoga melalui upaya ini pasokan listrik ke Pulau Madura semakin andal," terang Feri.

Lewat Buka Puasa Bersama, MKI Bangun Konsolidasi antar Sektor Ketenagalistrikan

Selama pelaksanaan perbaikan, PLN mensiagakan 106 unit genset berkapasitas 5,72 MVA di berbagai lokasi vital dan terus mendistribusikan lampu emergency untuk masyarakat luas.

Sebagai upaya penguatan sistem kelistrikan Madura lainnya, PLN mempercepat pembangunan transmisi  SKTT 150 kV Kedinding - TX Bangkalan sirkit 3 dan 4  yang semula akan beroperasi pada Maret akan dipercepat penyelesaiannya.