Relawan Ganjar Milenial Center Gelar Lomba Musik Patrol di Jember

Relawan pendukung Ganjar Pranowo di Jember.
Sumber :
  • Istimewa

JatimRelawan Ganjar Milenial Center (GMC) menggelar kegiatan lomba musik Patrol di Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim). Diketahui, musik Patrol merupakan salah satu jenis musik yang terkenal di berbagai tempat di Jawa Timur khususnya di Jember. 

Musisi Nasional Anang Hermansyah bakal Dampingi Gus Fawait Maju di Pilkada Jember

"Kali ini kami mengadakan lomba dan apresiasi musik Patrol, agar menjaga budaya musik  tradisional," kata Mahmud seusai kegiatan di Warung Apresiasi, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jatim, Minggu 19 Februari 2023 malam. 

Musik patrol ini  dirancang untuk menciptakan irama dan instrumen yang dinamik untuk mengiringi lagu-lagu tradisional, hingga pada perkembangannya bisa menghibur dengan lagu-lagu populer di masyarakat. Adapun alat musik Patrol diantaranya seperti kenong, kentongan dari kayu, remo, ting-tung, bas besar, kleter, selingan, tamborin hingga seruling bambu.

Gus Fawait Pecah Telur, Jadi Caleg dengan Perolehan Suara Tertinggi di Jatim

Perlombaan ini diikuti oleh 21 tim. Dari 21 tim yang ikut perlombaan, terdapat empat tim yang dipilih sebagai juara. Setiap tim terdiri dari 10 orang yang memainkan alat musik patrol, termasuk vokalis. 

Koordinator Wilayah GMC Jawa Timur, Mahmud mengatakan personel yang ada dalam tim musik Patrol sebagian besar merupakan kaum milenial. Mereka membawakan lagu religi, tradisional hingga lagu populer yang ada di masyarakat. 

Tangis Megawati Pecah Usai Red Sparks Gilas Pink Spiders

"Kami kaum milenial harus tetap menjungjung tinggi musik tradisional. Kami harus tetap menjaga ciri khas budaya lokal, kalau kita tidak lestarikan, maka akan redup," ujar Mahmud.  

Sementara salah satu peserta, Moh. Abdul Fiqih mengaku senang atas kegiatan yang diadakan GMC Jawa Timur tersebut. Sebab, kegiatan positif ini dapat mempopulerkan seni musik Patrol kepada masyarakat Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
img_title